Ilustrasi rokok elektrik (France24.com) Ilustrasi rokok elektrik (France24.com)
Kamis, 30 April 2015 02:40 WIB JIBI/Solopos/Newswire Kesehatan Share :

Ini Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

Rokok elektrik menuai kontroversi. Namun, ada beberapa bahaya dari rokok elektrik ini.

Solopos.com, JAKARTA — Rokok elektrik menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang menghindari rokok. Namun cukup banyak para ahli yang memaparkan bahaya kesehatan konsumsi rokok elektrik.

Sebagaimana dikutip dari Okezone,com, berikut ini bahaya rokok elektrik bagi kesehatan.

Rokok elektrik diklaim mengandung zat seperti Diethylene Glycol (DEG), Tobacco Specific Nitrosamines (TSNA), dan karbon monoksida yang berbahaya bagi tubuh. Bahayanya lagi, benda tersebut ternyata juga ada yang mengandung formalin.

Penggunaan rokok elektrik dalam jangka lama akan meningkatkan kadar plasma nikotin secara signifikan.

Benda dengan campuran beragam perasa ini akan meningkatkan frekuensi nadi dan kadar plasma karbon monoksida secara signifikan sehingga mengganggu kesehatan.

Sementara ini risiko penyakit yang bisa ditimbulkan dari rokok elektrik.

Infeksi Paru-paru

Peneliti menemukan uap dari rokok elektrik mengandung racun. Efek dari menghirup asap rokok elektrik yaitu, dapat mengganggu sistem pernapasan, sehingga menyebabkan infeksi paru-paru.

Kekebalan Tubuh Melemah

Rokok elektrik sangat melemahkan respon sistem kekebalan terhadap bakteri dan virus. Misalnya, pecinta vaper akan mudah terserang bakteri pneumonia, sinusitis dan virus flu.

Kanker

Peneliti menemukan karsinogen seperti formalin dan asetaldehida terkandung dalam uap rokok elektrik. Zat-zat itulah yang menjadi pemicu kanker mematikan.

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…