News
Rabu, 29 April 2015 - 07:30 WIB

UJIAN NASIONAL 2015 : Polisi Kantongi Calon Tersangka Kasus Kebocoran Soal UN

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kunci jawaban UN 2015 yang ditemukan di Mataram, NTB, Rabu (15/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Ahmad Subaidi)

Ujian Nasional 2015 ternoda lantaran ada kebocoran soal melalui akun Goggle Drive.

Solopos.com, JAKARTA – Polri menunggu evaluasi dari pihak Google untuk menetapkan tersangka kasus bocornya soal ujian nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas di akun Google Drive.

Advertisement

“Kita sedang menunggu hasil dari Google,” kata Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal Budi Waseso di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (28/4/2015).

Menurut dia, pihaknya sudah menemukan jaringan yang digunakan pelaku mengunggah soal UN, namun agar lebih pasti maka menunggu hasil evaluasi dari pihak Google.

Budi mengakui penyidik sudah mengantongi calon tersangka dalam kasus kebocoran ini.

Advertisement

“Tapi kan kita lebih konkret lagi untuk mendukung bukti yang sudah ditemukan. Artinya nanti tidak ada lagi yang berpikir ini dipaksakan,” kata dia.

Dalam kasus bocornya soal UN tingkat SMA ini, penyidik Bareskrim telah menggeledah beberapa tempat yang dicurigai dan menyita sejumlah barang bukti berupa hard disk, mesin scan, CPU, flash disk, CCTV, dan hard disk eksternal.

Penyidik juga telah memintai keterangan sebanyak 13 pegawai percetakan. Namun hingga saat ini belum ada nama yang ditetapkan tersangka dalam kasus bocornya soal UN ini.

Advertisement

Pelaku pembocoran soal UN dapat dijerat Pasal 32 Juncto Pasal 3 Undang Undang Informasi Transaksi Elektronik Nomor 11 Tahun 2008 dan Pasal 322 KUHP. Dengan ancaman delapan hingga sepuluh tahun penjara dan denda Rp 5 miliar.

Sebelumnya diwartakan, 30 paket soal UN 2015 dari total 11.730 paket soal bocor di dunia maya melalui Google Drive. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan segera berkoordinasi dengan Menkominfo untuk memblokir. Kemudian, melaporkan kebocoran ini ke Bareskrim Polri.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif