Jateng
Rabu, 29 April 2015 - 04:50 WIB

PILKADA JAWA TENGAH : 63 Anggota Panwaslu Baru Diminta Fokus Awasi Tahapan Pilkada

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara pilkada (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Pilkada Jawa Tengah sudah di depan mata. Sebanyak 63 anggota Panwaslu baru diminta fokus awasi tahapan pilkada

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Puluhan petugas panitia pengawas pemilu di 21 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah yang baru dilantik secara resmi diminta fokus dalam melakukan berbagai tugas pengawasan karena tahapan pilkada sudah dimulai.

“Proses perekrutan panwaslu di 21 kabupaten/kota sudah selesai dan ditandai dengan pelantikan 63 petugas panwaslu yang akan secepatnya melakukan tugas prioritas yakni pengawasan tahapan-tahapan pilkada,” kata Koordinator Pengawasan dan Humas Badan Pengawas Pemilu Jateng, Teguh Purnomo, di Semarang seperti dikutip Antara, Selasa (29/4/2015).

Advertisement

Hal tersebut disampaikan Teguh di sela-sela pelantikan 63 petugas panwaslu di 21 kabupaten/kota oleh Bawaslu RI.

Menurut dia, langkah pertama yang perlu dilakukan oleh petugas panwaslu adalah berkonsolidasi terkait dengan persiapan anggaran pilkada di 21 kabupaten/kota.

“Konsolidasi mengenai anggaran perlu dilakukan karena masih terdapat kabupaten yang belum memiliki anggaran untuk pengawasan pilkada seperti Kabupaten Blora, Rembang, Grobogan, dan Pekalongan,” ujarnya.

Advertisement

Kemudian, langkah selanjutnya adalah merekrut petugas panwas di tingkat kecamatan yang pelantikannya dijadwalkan pada awal Juni 2015.

Teguh mengungkapkan bahwa selain melakukan supervisi terhadap panwaslu di kabupaten/kota, Bawaslu Jateng juga akan memfasilitasi pembentukan pengawas yang bersifat partisipatif dengan membuka pendaftaran.

“Masyarakat yang berminat terlibat dalam pengawasan, secara formal bisa mendaftarkan diri menjadi panwascam, pengawas pemilu lapangan, dan pengawas tempat pemungutan suara,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif