Soloraya
Rabu, 29 April 2015 - 18:55 WIB

HAJI 2015 : Calhaj Asal Sukoharjo Wajib Ikut Tes Kebugaran

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Haji 2015 mulai dipersiapkan. Calhaj asal Sukoharjo diwajibkan mengikuti tes kebugaran.

Solopos.com, SUKOHARJO – Calon jemaah haji (calhaj) asal Sukoharjo wajib mengikuti tes kebugaran fisik sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Advertisement

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo, Ihsan Muhadi, saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (29/4/2015), mengatakan kebijakan yang mewajibkan tes kebugaran fisik itu berlaku untuk semua calhaj se-Provinsi Jawa Tengah.

“Tes kebugaran ini adalah hal baru bagi calhaj di Jawa Tengah. Sebelumnya hanya ada tes kesehatan. Sekarang ada tambahan tes kebugaran,” kata Ihsan.

Ihsan menjelaskan tes kebugaran itu bertujuan mengetahui kondisi fisik para calhaj.

Advertisement

“Tes kebugaran fisik ini dilakukan dengan meminta calhaj lari keliling Stadion Gelora Merdeka Jombor semampunya. Kalau tidak bisa berlari ya bisa berjalan. Kalau berjalan ya cukup jongkok berdiri berulang kali,” terang Ihsan.

Kuota calhaj asal Sukoharjo pada tahun ini mencapai 501 orang. Kuota calhaj itu mengalami penurunan menginat kuota tahun lalu mencapai 602 orang. Menurut Ihsan, penurunan kuota calhaj Sukoharjo itu dipengaruhi turunnya kuota calhaj Jawa Tengah.

Ihsan menambahkan persiapan keberangkatan calhaj sudah sampai pada permohonan paspor ke Kantor Imigrasi. Dia mengaku belum mengetahui jumlah kloter untuk calhaj Sukoharjo.

Advertisement

Ikhwal kepastian biaya haji, Ihsan juga masih menunggu keputusan presiden (kepres).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif