Sport
Selasa, 28 April 2015 - 03:25 WIB

SANKSI PEMAIN BADMINTON : Chong Wei Dihukum Delapan Bulan

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lee Chong Wei akhirnya dijatuhi sanksi 8 bulan penjara, meski sdh bisa langsung bermain. Ist/thestar.com.my

Sanksi pemain badminton asal Malaysia, Lee Chong Wei, akhirnya dijatuhkan karena diduga melakukan doping.

Solopos.com, KUALA LUMPUR— Mantan pemain nomor satu dunia, Lee Chong Wei, akhirnya diputus bersalah soal kasus doping yang menjerat sejak Oktober tahun lalu. Ia dihukum larangan bertanding selama delapan bulan. Selain itu, medali perak yang berhasil diraih dalam Kejuaraan Dunia 2014 juga dicabut.

Advertisement

Meskipun demikian, tunggal putra asal Malaysia yang terjebak di peringkat ke-30 dunia tersebut sudah diperbolehkan mengayunkan raket awal Mei ini. Sebab, hukuman tersebut dihitung sejak ia dilarang mengikuti kompetisi pada November 2014 lalu. Kini ia siap berpartisipasi dalam Piala Sudirman 2015 dan mengumpulkan poin demi tampil di Olimpiade 2016 di Brasil.

Pemain berusia 32 tahun ini terbukti positif menggunakan dexamethasone yang terbongkar lewat tes selama pelaksanaan Kejuaran Dunia di Kopenhagen, Agustus 2014. Ia kemudian menjalani tes lanjutan pada Oktober 2014. Pada November lalu, Asosiasi Badminton Malaysia (BAM) mengumumkan sampel terbaru Chong Wei juga positif mengandung zat yang termasuk kategori doping.

Pengoleksi 55 gelar juara tersebut mengikuti sidang dengar pendapat dengan tiga anggota panel dari BWF di Amsterdam, Belanda, Sabtu (11/4/2015). Ketika itu ia terancam sanksi larangan bertanding selama dua tahun jika benar-benar bersalah.

Advertisement

“Panel ini dimaksudkan bukan untuk kasus doping dengan tujuan menipu atau melakukan kecurangan. Lee lalai dan membuat masalahnya sedikit ringan,” rilis BWF, dilansir Straitstimes, Senin (27/4/2015).

Dengan demikian, selain berpartisipasi dalam Piala Sudirman, Chong Wei dipastikan membela Malaysia di SEA Games 2015, Juni mendatang. Di samping itu, Chong Wei siap turun di Kejuaraan Dunia 2015 di Jakarta, Agustus mendatang.

“Saya tentu saja lega dan menerima keputusan ini. Saya akan meninjau kembali dan lebih kuat secara mental untuk kompetisi yang akan datang,” papar Lee.

Advertisement

Meskipun medali perak dalam kejuaraan dunia 2014 miliknya dicabut, dua medali perunggu yang direbut Chong Wei di Asian Games 2014 lalu tetap dipertahankan. Piala Sudirman akan menjadi ajang pertama baginya demi mendulang poin menuju Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif