Jatim
Selasa, 28 April 2015 - 19:05 WIB

KREATIVITAS SISWA NGAWI: Inilah Kreativitas Tim Robotik Siswa MAN Ngawi

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi robotik (JIBI/Solopos/Antara/M. Risyal Hidayat)

Kreativitas siswa Ngawi tak bisa diremehkan. Salah satunya kemampuan mereka dalam merakit robotik.   

Madiunpos.com, NGAWI – Pameran pendidikan di Ngawi menampilkan sederet potensi para siswa berprestasi. Salah satu potensi yang layak diacungi jempol ialah kreativitas para siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ngawi. Mereka menampilkan robotik yang cukup memesona, seperti robot line following serta robot automatic move (robot tanpa mengikuti line).

Advertisement

Robot-robot tersebut adalah ciptaan tangan-tangan kreatif tim Robotik MAN Ngawi atau disingkat Romawi.

Pembina Romawi, Aris Niti Winarno, mengatakan program robotik merupakan hasil kerjasama MAN Ngawi dengan Institut Teknik Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada 2012 lalu.

“Prodistik nama programnya,” jelas pria berkacamata tersebut kepada Madiun Pos, Sabtu (25/05/2015).

Advertisement

Prodistik, jelas pria yang juga menjadi tenaga pengajar di MAN Ngawi ini, adalah program keahlian setara D1 bidang teknologi informasi dan komputer (TIK) yang diselenggarakan oleh ITS Surabaya. Di MAN Ngawi, program tersebut terdiri dari program robotik, program  film pendek, serta program desain kreatif.

Dalam mencari anggota Prosdistik MAN Ngawi, kata Aris, diawali dari ketertarikan siswa MAN Ngawi dengan keahlian program dari ITS tersebut. Seiring perkembangan waktu, pihaknya sebagai pembimbing Prodistik MAN melakukan seleksi, mencari anggota baru, serta melakukan penjurusan.

“Semula kita lihat minat siswa dulu. Setelah minat dan bakat kita ketahui, baru kita arahkan yang lebih khusus lagi dalam mencari anggota,” jelasnya.

Advertisement

Hasilnya sungguh tak sia-sia. Sejumlah prestasi diraih team Prodistik MAN Ngawi, salah satunya menjadi juara umum nomor II tingkat Nasional Lomba Program Komputer Minat dan Bakat (Prokomit) yang diadakan oleh ITS Surabaya pada 2013.

Pada tahun yang sama, tim prodistik MAN Ngawi yang terdiri tim robotik dan tim film pendek kembali menyabet juara pertama robotik serta juara kedua untuk kategori film pendek.

Setahun kemudian, tim robotik MAN Ngawi kembali meraih juara kedua robotik. Mereka beranggotakan Fiqi Ananda, Aviandi Galih Hanuranti serta Tatag Budi Wibowo.

Tim film pendek juga tak mau ketinggalan meraih juara ketiga kategori film pendek serta juara kedua desain stiker android yang diraih oleh tim desain MAN Ngawi. “Tahun 2014 kita kembali meraih juara umum kedua tingkat Nasional,” tambah Aris.(Geddy P/JIBI/Madiunpos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif