Soloraya
Senin, 27 April 2015 - 21:15 WIB

WISATA SOLORAYA : Upacara Dukutan, Adat Tawur yang Membudaya

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Upacara Dukutan di Nglurah, Tawangmangu, Karanganyar (Karanganyarkab.go.id)

Wisata Soloraya kali ini ada di Karanganyar, yaitu upacara Dukutan.

Solopos.com, KARANGANYAR — Upacara Dukutan biasa dilakukan masyarakat Nglurah, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Upacara adat tersebut menjadi salah satu wisata Soloraya yang unik.

Advertisement

Dalam upacara Dukutan, masyarakat akan menjalankan serangkaian prosesi yang berakhir pada atraksi tawur, yang disebut Tawur Dukutan. Tawur Dukutan inilah yang menjadi salah satu daya tarik untuk pariwisata Karanganyar.

Selain itu, upacara Dukutan hanya digelar masyarakat Nglurah setiap Selasa Kliwon. Upacara adat ini digelar untuk satu hari penuh.

Sinergi Travel and Event Management
Graha Solo Raya Lantai 1
Jl. Slamet Riyadi No. 1 Solo, Jateng
Telp. 0271-5843678 atau 0271-2144388
HP. 085702686068
Fax. 0271 635936
www.solocitytravelguide.com
www.sinergievent.com
e-mail: sinergi_solo@yahoo.com
Marketing: www.solocitytravelguide.com

Advertisement

Sebagaimana Solopos.com himpun dari pelbagai sumber, dalam upacara Dukutan ini, masyarakat Nglurah Lor dan Nglurah Kidul akan membuat hidangan bersama. Uniknya, bahan makanan yang digunakan bukan beras. Biasanya sebagai pengganti, masyarakat Nglurah menggunakan jagung.

Selama bahan makanan dimasak juru masak, tidak ada masyarakat yang boleh mencicipi. Puncak dari rangkaian upacara Dukutan ini dilaksanakan di situs Menggung.

Di situs tersebut, masyarakat akan melempar sesaji yang tak lain adalah hasil masakan masyarakat itu sendiri. Menariknya, pelemparan sesaji ini mirip dengan aksi tawuran. Prosesi Tawur Dukutan tersebut menjadi puncak dari serangkaian Dukutan. Tahun 2015 ini, upacara Dukutan digelar pada Selasa (21/4/2015) dan Selasa (7/11/2015).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif