News
Senin, 27 April 2015 - 02:20 WIB

SBBI JBBI 2015 : Pasar Cari Inovasi Komunikasi Produk

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - SBBI-JBBI (JIBI/Solopos)

SBBI JBBI 2015 terus digodok demi simpulan terakurat.

Solopos.com, SOLO — Persaingan merek semakin ketat dengan munculnya brand-brand baru. Strategi menggaet pasar pun harus terus ditingkatkan, salah satunya melalui inovasi komunikasi kepada konsumen.

Advertisement

Koordinator Tim Riset Solo Best Brand Index dan Jogja Best Brand Index (SBBI-JBBI) 2015, Diah Kusumawati, menyampaikan pada survei brand terbaik di Solo dan Jogja pada tahun 2015 ini, ada pengembangan indikator baru yang ditanyakan kepada masyarakat, yakni inovasi komunikasi yang dilakukan oleh pemilik brand.

Menurut dia, penjualan tidak lagi hanya bisa dilakukan dengan mengandalkan kualitas produk tapi juga cara komunikasi kepada konsumen. “Inovasi komunikasi ini sangat penting karena seperti reminder brand bagi konsumen. Ini [inovasi komunikasi] merupakan tambahan layanan kepada konsumen. Hal ini bisa menjadi keunikan dan keunggulan jika dibandingkan brand lainnya,” ungkap Diah saat dihubungi Solopos.com, Minggu (26/4/2015).

Dia mengatakan selama ini yang sudah menerapkan inovasi komunikasi sejak lama adalah perbankan. Namun hal tersebut biasanya dilakukan khusus untuk nasabah premium. Meski begitu, inovasi komunikasi dengan konsumen ini mulai diadopsi oleh penyedia jasa lainnya, seperti dealer kendaraan.

Advertisement

Ada beberapa dealer otomotif yang menerapkan inovasi komunikasi dengan memberikan reminder kepada konsumen mengenai waktu servis kendaraan. Hal ini bisa dilakukan melalui telepon atau pesan singkat. Dia mengatakan komunikasi langsung kepada konsumen dapat meningkatkan kualitas brand dan menjadikan produk atau jasa tersebut sebagai pilihan utama.

10 Kategori
Ajang penganugerahan bergengsi bagi pemegang merek di Solo dan Jogja ini akan dilaksanakan pada 7 Mei 2015 di Best Western Hotel Solo Baru. Perhelatan SBBI-JBBI 2015 ini masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni memberikan penghargaan pada 10 kategori produk.

Kategori tersebut di antaranya makanan-minuman, rokok, obat, tempat perbelanjaan, jasa keuangan, produk IT, elektronik, otomotif, rumah tangga, dan produk/penyedia layanan khusus.

Advertisement

Ajang yang diadakan oleh PT Aksara Solopos dan PT Aksara Dinamika ini juga menghadirkan lima kategori penghargaan baru. Manager Penelitian Pengembangan dan Pusat Dokumentasi (Litbang dan Pusdok) Solopos, Sholahuddin, menyampaikan penambahan lima kategori produk yang mendapat penghargaan antara lain lab diagnostik, video iklan terbaik, mobil low cost green car (LCGC), aki mobil, dan tabungan anak. Penambahan kategori ini dilakukan dengan menyesuaikan perkembangan pasar.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif