News
Senin, 27 April 2015 - 13:00 WIB

GEMPA NEPAL : Indonesia Bantu Nepal Rp13 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aksi Pray For Nepal di arena CFD Solo, Minggu (26/4/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Gempa Nepal memakan ribuan korban jiwa.

Solopos.com, JAKARTA – Bencana gempa bumi yang menimpa Nepal, Sabtu (25/4/2015), lalu memakan ribuan korban jiwa. Pemerintah Indonesia akan mengirimkan bantuan senilai US$1 juta atau sekitar Rp13 miliar untuk membantu korban gempa Nepal.

Advertisement

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebutkan Pemerintah Indonesia akan mengirimkan bantuan untuk para korban gempa bumi di Kathmandu, Ibu Kota Nepal.

Bantuan tidak hanya berupa jasa tenaga tim SAR [pencarian dan penyelamatan], tetapi juga bantuan material.

“Indonesia dalam rangka membantu Nepal akan mengirimkan orang Tim SAR dan juga bantuan US$1 juta,”katanya di Jakarta, Senin(27/4/2015).

Advertisement

Kalla mengaku telah mendapat laporan dari Menteri Luar Negeri terkait nasib warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Nepal saat bencana terjadi.

“Sebagian sudah ketahuan,”ungkap dia.

Gempa bumi berkekuatan 7,7 skala richter menghantam sejumlah bangunan di Kathmandu, Ibu Kota Nepal, Sabtu siang lalu.

Advertisement

Kementerian Luar Negeri melaporkan sebanyak 34 WNI tercatat sedang berada di Nepal saat bencana alam terjadi. Jumlah itu terdiri atas 18 orang menetap di negara tersebut, sedangkan 16 orang lainnya sedang melakukan kunjungan baik sebagai turus maupun kegiatan resmi.

Dalam keterangan pers yang dirilis Minggu malam (26/4/2015), Dari jumlah itu, sekitar 17 orang telah berhasil dihubungi dan dalam keadaan baik. Separuh lain masih belum diketahui keberadaannya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif