Jogja
Senin, 27 April 2015 - 11:20 WIB

BANJIR BANTUL : Tanaman Bawang Terendam Air, Petani Rugi Miliaran Rupiah

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Banjir Bantul menyebabkan tanaman bawang merah terendam air, sehingga petani merugi hingga miliaran rupiah

Harianjogja.com, BANTUL– Petani bawang merah di sepanjang pesisir selatan Bantul harus menelan kerugian miliaran rupiah, setelah banjir merendam ratusan hektare lahan sejak Jumat (24/4/2014) malam hingga Sabtu (25/4/2015) pagi.

Advertisement

Banjir merendam hampir seluruh tanaman bawang merah mulai dari Kecamatan Sanden hingga Kretek akibat hujan yang terus mengguyur ditambah luapan sungai Winongo dan Opak.

Mantri Tani Kecamatan Sanden, Bantul, Gunawan menyatakan, di wilayahnya 100 hektare bawang merah terendam banjir.

“Tanaman bawang merah paling banyak terdapat di Desa Srigading, ini banjir merendam hampir semua tanaman,” terang Gunawan, Sabtu (25/4/2015).

Advertisement

Tanaman bawang merah itu sebagian baru akan dipanen akhir April hingga awal Mei nanti. Sebagian lagi baru berumur 45 hari. Ia tidak yakin ratusan hektare bawang merah itu dapat terselamatkan, lantaran tanaman ini sangat rentan terhadap air.

“Kalau bawang merah kena air cepat puso, tapi kalau padi enggak masalah. Kalau pun dapat diselamatkan kualitasnya menurun dan hanya sebagian kecil,” ujar dia.

Kemungkinan kecil bawang merah dapat diselamatkan bila cuaca panas dan tidak lagi terjadi hujan serta apabila tanaman terus menerus disemprot pestisida untuk mematikan jamur.

Advertisement

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Parangtritis, Kretek Bantul Kadiso mengungkapkan, di Parangtritis ada 150 hektare bawang merah yang terendam banjir. Dari jumlah itu diperkirakan hanya 15% tanaman yang mampu diselamatkan namun dengan kualitas yang buruk.

Mayoritas tanaman tidak dapat diselamatkan karena baru berumur dua minggu hingga satu bulan. “Hanya 15% yang selamat, sisanya puso gagal panen,” kata Kadiso.

Padahal petani telah mengeluarkan biaya produksi jutaan rupiah untuk menanam tanaman ini. Satu hektare lahan bawang membutuhkan biaya produksi hingga Rp90 juta dengan volume produksi mencapai 12 ton per hektare. Artinya, bila dikalikan dengan jumlah 75% lahan bawang yang gagal panen, kerugian mencapai Rp11 miliar lebih.

Desa Parangtritis selama ini menjadi sentra tanaman bawang merah terbesar di Bantul. Kadiso berharap pemerintah meringankan beban petani dengan memberi bantuan benih saat musim tanam bawang berikutnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif