News
Minggu, 26 April 2015 - 13:35 WIB

KONGRES PARTAI DEMOKRAT : SBY Maju, Demokrat Diminta Tak Menjadi Partai Oligarki

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Kongres Partai Demokrat diprediksi bakal kembali menjadi panggung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke kursi ketua umum.

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Pangi Syarwi Chaniago atau Ipang, menilai Partai Demokrat harus menjadi partai yang berbeda dari partai lain. Demokrat harus memenuhi ?indikator demokrasi dalam berpartai.

Advertisement

Menurut Ipang, caranya adalah dengan membuka kompetisi para kader Partai Demokrat untuk dapat bertarung dalam kontestasi pemilihan ketua umum partai itu.

“Indikator demokrasi mesti terpenuhi. Membuka kompetisi dan membuka keran kader untuk bisa bertarung dalam kontestasi pemilihan Ketua Umum Demokrat,”? tutur Ipang saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu (26/4/2015).

Ipang mengatakan Partai Demokrat harus memiliki semangat demokrasi sesuai dengan jargon partainya. Menurut Ipang, Partai Demokrat tidak boleh mengarah kepada oligarki kepartaian yang hanya dapat dinikmati elite tertentu di Partai Demokrat.

Advertisement

“Jangan sampai Demokrat mengarah kepada oligarki kepartaian, partai menjadi milik elite tertentu dan yang menikmatinya orang orang di sekelilingnya sehingga mendorong SBY untuk kekuasaan,” kata Ipang.

Ipang berharap Partai Demokrat dapat melanjutkan tradisi pemilihan ketua umum seperti yang telah diwariskan bekas Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pasalnya menurut Ipang, apa yang telah dilakukan SBY untuk pemilihan Ketua Umum sudah tepat.

“?Semangat dan tradisi demokrat pada pemilihan ketua umum sebelumnya saya kira sudah bagus untuk terus dilanjutkan,” tukasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif