Sport
Minggu, 26 April 2015 - 06:40 WIB

ASIA CHAMPIONSHIP 2015 : Indonesia Kirim Dua Wakil ke Final

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasangan ganda putra Indonesia Ahsan/Hendra melaju ke final bersama Liliyana/Tontowi. Ist/dok

Asia Championship membawa dua wakil Indonesia ke babak final.

Solopos.com, WUHAN — Indonesia mengirimkan dua wakil ke final Badminton Asia Championships 2015 menyusul kesuksesan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, dan ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, di semifinal, Sabtu (25/4/2015).

Advertisement

Tontowi/Liliyana menekuk wakil tuan rumah, Xu Chen/Ma Jin, dengan skor 21-12 dan 21-15 dalam laga semifinal di Wuhan Sports Center Gymnasium, Wuhan, Tiongkok, Sabtu (25/4/2015). Pasangan ranking kelima dunia itu hanya membutuhkan 42 menit untuk menutup perlawanan Xu Chen/Ma Jin.

“Kami main lebih tenang hari ini, enggak seperti biasanya. Walaupun sudah leading dan sempat tersusul, kami bisa menguasai keadaan dengan tetap tenang, tidak terburu-buru. Kami fokus terus di setiap poin, tenang saja buat jaga poin,” kata Liliyana, seperti dilansir badmintonindonesia.org, Sabtu.

Meski bermain di kandang, Xu Chen/Ma Jin tidak mampu menjaga keunggulan atas Owi/Butet, sapaan Tontowi/Liliyana, sejak game pertama. “Kami senang bisa menang hari ini. Tapi kembali fokus untuk besok. Posisi serangan kami tadi banyak yang ke arah Xu Chen karena memang bolanya mengarah ke sana. Dia juga banyak pontang-panting, makanya bola banyak dikasih ke dia,” tambah Liliyana.

Advertisement

Meski berhasil merebut kemenangan, Owi/Butet masih tertinggal 8-10 dalam rekor pertemuan dengan Xu Chen/Ma Jin. Kali terakhir, mereka berhadapan dengan ganda campuran peringkat ketiga dunia itu di French Open 2014. Saat itu, ganda campuran nomor satu Indonesia itu berhasil mengemas kemenangan 21-17 dan 21-16.

Di final nanti, Owi/Butet akan berhadapan dengan duet asal Hong kong, Chun Hei Reginald Lee/Hoi Wah Chau. Mereka telah memenangi dua pertemuan sebelumnya dengan Chun Hei Reginald Lee/Hoi Wah Chau di BWF World Championships 2013 dan Singapore Open 2015.

“Terakhir kami ketemu di Singapura dan menang. Game pertama bisa menang mudah, tapi game kedua juga sempat ramai. Walaupun head to head kami unggul, tapi kami mau anggap saja nol-nol, belum pernah ketemu. Apalagi ini kan babak final,” ujar Liliyana.

Advertisement

“Untuk besok yang penting antisipasi saja. Kalau besok bisa main maksimal dan tenang, Insya Allah bisa menang,” sambung Tontowi.

Kesuksesan Owi/Butet disusul dengan keberhasilan Hendra/Ahsan merebut tiket ke final. Ganda putra terbaik Indonesia itu menyingkirkan pasangan Tiongkok, Cai Yun/Lu Kai, melalui duel tiga set dengan skor 21-12, 18-21, 21-16 dalam 55 menit.

Di final nanti, Hendra/Ahsan akan berhadapan dengan duet unggulan Korea Selatan, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong, yang mengalahkan kompatriot mereka, Kim Gi Jung/Kim Sa Rang, dengan skor 21-16 dan 21-15. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif