Otomotif
Sabtu, 25 April 2015 - 12:15 WIB

RECALL SEPEDA MOTOR : Suspensi Ohlins Bermasalah, Yamaha-Honda Jadi Korban

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Honda CBR1000RR SP. (Motorcycle.com)

Recall sepeda motor dilakukan oleh Honda dan Yamaha karena terjadi permasalahan pada suspensi.

Solopos.com, MONTREAL – Penarikan produk besar-besaran (recall) menimpa motor sport Yamaha R1M dan Honda CBR1000RR SP di Kanada, Australia, dan Jepang. Recall dilakukan karena suspensi Ohlins yang terpasang di kedua motor itu bermasalah.

Advertisement

Seperti dilansir laman Autoevolution, Jumat (24/4/2015), suspensi belakang besutan Ohlins yang tertanam pada Yamaha R1M dan Honda CBR1000RR SP diketahui kendur dan berisiko membahayakan nyawa pengendaranya. Terlebih kedua motor itu adalah motor sport yang kerap dipacu pada kecepatan tinggi.

Kendurnya suspensi pada R1M dan CBR1000RR SP kali pertama dilaporkan oleh lembaga transportasi Kanada. Mereka melaporkan perangkat suspensi tidak dirakit dengan sempurna. Beberapa hari kemudian laporan serupa diutarakan oleh lembaga perlindungan konsumen di Australia.

“Bagian piston di dalam suspensi bisa bergesekan yang mengakibatkan baut dalamnya terlepas. Akibatnya fungsi suspensi hilang [mati], dan mempengaruhi handling motor dan berpotensi menyebabkan kecelakaan,” isi pernyataan lembaga transportasi Kanada.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman Motorcycle, khusus Honda CBR1000RR SP, suspensi Ohlins yang bermasalah juga beredar di Jepang. Dijelaskan pula yang bermasalah adalah suspensi Ohlins pada CBR1000RR SP yang diproduksi pada 30 Januari hingga 16 Maret 2015.

Saat dimintai konfirmasi, Ohlins membenarkan hal tersebut. Produsen suspensi khusus motor spesifikasi balap itu menyebutkan suspensi yang bermasalah adalah tipe TTX36, TTX GP, TTX36 MKII dan TTX RT yang diproduksi pada 9 November 2013 hingga 20 Februari 2015.

Selain Honda CBR1000RR SP dan motor sport baru lahir Yamaha R1M, recall sepeda motor juga menimpa Ducati 1199 Panigale R, Ducati 1299 Panigale S, Aprilia RSV4 RF, Aprilia Tuono V4 1100 Factory dan MV Agusta F4 Series.

Advertisement

Terkait recall sepeda motor R1M dan CBR1000RR SP, Yamaha dan Honda menjelaskan tak akan memungut biaya apa pun kepada pemilik motor. Sementara itu, Ohlins juga sudah mengumumkan pada sejumlah produsen motor di benua Eropa yang menggunakan produknya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif