Otomotif
Sabtu, 25 April 2015 - 20:30 WIB

INOVASI OTOMOTIF : Yamaha Perkenalkan Fitur Antimaling Canggih

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Brosur Yamaha GT125 Eagle Eye dengan fitur Autosave (Aripitstop.com)

Inovasi otomotif berupa perangkat antimaling diperkenalkan oleh Yamaha Indonesia.

Solopos.com, SOLO – Fitur keamanan baru antimaling diperkenalkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Saat ini hasil inovasi otomotif itu hanya bisa dipasang di sepeda motor tipe skuter matik (skutik).

Advertisement

Bocoran informasi mengenai YIMM akan menghadirkan inovasi otomotif berupa fitur antimaling beredar luas di Internet. Pakar otomotif Iwan Banaran dalam lamannya, Jumat (24/4/2015), mengatakan fitur itu bernama Autosafe. Dijelaskan fitur itu terdiri dari perangkat moduler, remote control, kabel dan sirine (buzzer).

Untuk mengaktifkan fitur antimaling Autosafe, pemilik motor cukup menekan tombol lock pada remote dan sirine akan berbunyi beep sekali diikuti kedipan lampu sein. Untuk menonaktifkannya cukup tekan tombol unlock dan sirine berbunyi dua kali.

Dalam sebuah video singkat, YIMM menjelaskan jika fitur Autosafe dalam posisi on (nyala), sirine akan berbunyi tanpa henti jika motor digerakkan. Saat fitur canggih itu aktif, mesin motor juga otomatis masuk ke mode freeze alias mati total.

Advertisement

Dalam mode freeze itu motor tak dapat dinyalakan meski kunci telah tertancap di lubang kontak. Untuk menyalakan motor, si pemilik harus mematikan fitur Autosafe terlebih dahulu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, fitur itu sebenarnya bukanlah yang pertama di Indonesia. Sebelumnya Suzuki juga telah menjejalkan fitur itu pada Satria FU. Namun pada skutik, sejauh ini hanya Yamaha yang telah menerapkan fitur tersebut.

Fitur hasil inovasi otomotif itu sudah dapat dijumpai pada varian Yamaha GT125 Eagle Eye Special Edition. Rencananya fitur itu juga bakal ditanam ke tubuh Mio M3 dan dijadikan fitur standar di semua produk Yamaha.

Advertisement

Bagi Anda yang tidak menggunakan produk Yamaha tak perlu khawatir, sebab ada kemungkinan perangkat antimaling itu juga akan dijual secara terpisah. Namun perlu diingat, pemasangan Autosafe pada motor selain produk Yamaha dapat menghanguskan garansi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif