Jateng
Jumat, 24 April 2015 - 16:50 WIB

TANAH LONGSOR : Di Temanggung Puluhan Rumah Rusak Berat Tertimpa Tanah Longsor

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanah longsor (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Ilustrasi tanah longsor (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Tanah longsor melanda Temanggung. Puluhan rumah rusak berat akibat bencana tersebut 

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG – Puluhan rumah di Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, rusak tertimpa longsor akibat hujan deras yang terjadi pada Kamis (23/4/2015).

Kasi Penanganan Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung, Eko Suprapto di Temanggung, Jumat (24/4/2015), mengatakan selain mengakibatkan jalur Temanggung-Semarang tertutup longsor, hujan kemarin juga mengakibatkan sedikitnya 23 rumah di Kecamatan Kaloran rusak terkena longsor.

Advertisement

Ia menuturkan sejumlah rumah terkena bencana longsor tersebut terjadi di Desa Kalimanggis 10 rumah dan di Desa Getas 13 rumah, sedangkan jalur Temanggung-Semarang yang tertutup longsor di Dusun lamuk, Desa Kalimanggis telah dibuka pada Kamis malam.

Ia mengatakan rumah yang terkena longsor tersebut berada di dekat tebing dengan ketinggian lima meter lebih. Kondisi tanah yang labil sehingga ketika terkena hujan mudah longsor.

Sebagian korban yang rumahnya terkena longsor terpaksa mengungsi di rumah tetangga atau kerabatnya karena khawatir terjadi longsor susulan.

Advertisement

Suroso warga Dusun Kemiri, Desa Getas yang rumahnya rusak sedang akibat terkena longsor, mengatakan keluargnya terpaksa mengungsi karena tanah di atas rumahnya masih rawan longsor jika terjadi hujan.

Kepala Desa Getas, Dwiyanto mengatakan wilayah desanya merupakan daerah rawan longsor, bahkan saat musim hujan sering terjadi pergerakan tanah.

Camat Kaloran, Supriyanto mengatakan wilayah Kaloran termasuk daerah rawan longsor karena jenis tanah yang rapuh, dari 14 desa di Kaloran, enam di antaranya masuk kategori rawan longsor.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif