News
Jumat, 24 April 2015 - 04:30 WIB

KONFERENSI ASIA AFRIKA : Presiden Jokowi Sahkan Pesan Bandung dan Deklarasi Palestina

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo memberikan sambutan ketika membuka Asian-African-Business Summit yang merupakan rangkaian peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Selasa (21/4/2015). Asian-African-Business Summit itu mengangkat tema "Realization of Asia-Africa Partnership for Progress and Prosperity". (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.).

Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015 menghasilkan 3 dokumen yang disahkan Presiden Jokowi.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Pesan Bandung 2015, Deklarasi Penyegaran Kemitraan Strategis Baru Asia-Afrika, dan Deklarasi tentang Palestina sebagai hasil dari Konferensi Asia-Afrika (KAA).

Advertisement

Presiden Jokowi mengatakan seluruh dokumen yang menjadi hasil dari KAA telah dibahas secara terbuka dan mewakili semua pihak, sebagai perwujudan dari rasa kepemilikan semua pihak yang ikut membahasnya.

“Saya yakin konsep yang dihasilkan merefleksikan jiwa Dasa Sila Bandung, serta pandangan dan kepentingan kita semua,” kata Presiden Jokowi di JCC, Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Presiden Jokowi menuturkan Pesan Bandung 2015 berisi penguatan kerja sama selatan-selatan untuk mendukung perdamaian dan kemakmuran, sedangkan Deklarasi Penyegaran Kemitraan Strategis Baru Asia-Afrika menjadi tindak lanjut, dan petunjuk implementasi Pesan Bandung.

Advertisement

Sementara itu, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe berharap semua pihak menyetujui tiga dokumen yang telah disahkan sebagai hasil KAA. Pasalnya, dokumen tersebut telah menggambarkan Prinsip Bandung yang telah dihasilkan di Indonesia pada 1955.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi oleh bangsa-bangsa di Asia dan Afrika telah berubah, dan harus diselesaikan secara bersama-sama sesuai dengan apa yang tertuang dalam Prinsip Bandung.

KAA sendiri akan menghasilkan tiga dokumen yang akan menjadi kesepakatan dan dideklarasikan pada perayaan ke-60 tahun event tersebut, yakni Pesan Bandung, deklarasi untuk menghidupkan kembali the New Asian-African Strategic Partnership (NAASP), dan deklarasi dukungan untuk Palestina.

Advertisement

Pesan Bandung akan berisi pesan yang visioner, mengedepankan kerja sama yang baru secara nyata, dan revitalisasi penguatan kemitraan Asia-Afrika pada solidaritas politik, kerja sama ekonomi, dan hubungan sosial-budaya sebagai tiga pilar utama.

Deklarasi untuk menghidupkan kembali NAASP akan mencakup penguatan solidaritas, persahabatan, dan kerja sama. Kemudian kajian ulang terhadap perkembangan kerja sama NAASP selama 10 tahun terakhir. Sementara itu, deklarasi untuk mendukung Palestina akan memberikan dukungan secara konsisten terhadap pendirian Negara Palestina dan hak-hak dasar warganya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif