News
Jumat, 24 April 2015 - 19:10 WIB

KISAH UNIK : Peternak Kenya Kaget Lihat Sapi Peliharaanya Makan Domba

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peternak Kenya ketakutan lihat sapinya makan domba (emirates247.com)

Kisah unik Sapi makan domba terjadi di Kenya. Kasus ini membuat peternaknya ketakutan.

Solopos.com, NAIROBI — Kisah unik diceritakan seorang peternak di Distrik Nakuru, Kenya. Petani bernama Charles Mamboleo mengaku mendapati seekor domba disantap oleh sapi yang dipeliharanya.

Advertisement

Charles Mamboleo barangkali tidak akan membayangkan kalau hewan pemakan rumput yang dipeliharanya tiba-tiba menyantap seekor domba. Dikisahkan Charles, seperti dikutip Solopos.com dari Emirates247, Jumat (24/4/2015), hewan yang kini berubah menjadi karnivora atau pemakan daging itu membuatnya telah takut.

Awalnya Charles melihat sapi itu memakai bangkai domba yang mati akibat ditanduk sapi lain. Namun, lama kelamaan, sapi itu mulai ketagihan.

Sapi itu mengejar domba meskipun telah disodori rumput dan air. “Setelah insiden pertama, kami pikir sapi itu hanya kelaparan. Karenanya, kami meningkatkan pasokan pakan dan air. Namun, sapi itu masih mengejar domba,” kata Charles.

Advertisement

Pakar pertanian dan peternakan Kenya, Albert Kabugi, mengatakan sapi memang hewan herbivora. Akan tetapi, ketika hewan tersebut mulai makan daging, itu menjadi pertanda bahwa telah terjadi kekurangan nutrisi.

“Musim kering, yang baru saja berakhir, mengakibatkan sebagian besar hewan kekurangan mineral yang biasa ditemukan pada rumput hijau,” kata Kabugi, sebagaimana dilansir the Daily Nation.

Fenomena hewan herbivora berubah menjadi karnivora terjadi di India, pada 2007 lalu. Kala itu, seekor sapi memangsa beberapa ekor ayam dan insiden itu direkam melalui kamera video.

Advertisement

Seorang dokter hewan setempat menengarai bahwa sapi itu kekurangan mineral penting sehingga perubahan dari herbivora ke karnivora memungkinkan dalam kasus-kasus tertentu.

Advertisement
Kata Kunci : Kisah Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif