Jogja
Jumat, 24 April 2015 - 22:20 WIB

BALAP SEPEDA : 250 Pesepeda Asean Ikuti Kejuaraan Down Hill

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beberapa pebalap Tour De Banyuwangi Ijen melintasi jalur perkebunan di wilayah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. JIBI/Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Balap sepeda tingkat Asean kali ini diikuti sekitar 250 pesepeda.

Harianjogja.com, SLEMAN- Sebanyak 250 pesepeda “mountain bike” se-ASEAN akan mengikuti kejuaraan downhill dan cross country dalam event ASEAN Cup MTB di Bumi Perkemahan Wonogondang, Umbulharjo, Kabupaten Sleman, 24-26 April 2015.

Advertisement

“ASEAN Cup MTB kali ini merupakan seri kedua setelah yang pertama diselenggarakan di Cebu, Filipina, pada 2014,” kata Ketua Umum Pengprov ISSI DIY Rifan Tsaqif As Sadad, Kamis (24/4/2015).

Menurut dia, kejuaran ASEAN Cup MTB ini diselenggarakan oleh Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DIY.

“Dalam ASEAN MTB Cup 2014, Indonesia mengirimkan atlet balap sepeda, yaitu Nurwarsito dan Exa Raudina Khoiroti yang merupakan atlet sepeda downhill dari Jogja,” katanya.

Advertisement

Ia mengatakan, keduanya berhasil meraih medali emas di dua kelas yang paling bergengsi yaitu “Woman Elite” dan “Men Elite”.

“Atas keberhasilan tersebut Ketua ‘Union Cycliste Internationale’ (UCI) kemudian menunjuk Indonesia sebagai penyelenggara ASEAN Cup Mountain Bike 2015,” katanya.

Tujuan kegiatan tersebut, kata dia, adalah untuk melaksanakan agenda ‘Union Cycliste Internationale’ (UCI) sehingga pesepeda Indonesia dan Asia Tenggara memperoleh UCI point.

Advertisement

“Dengan memperoleh poin tersebut maka para pembalap dapat mengikuti kejuaraan-kejuaraan dunia, untuk mengakomodasi olah raga balap sepeda baik untuk prestasi maupun hobby di kelas downhill maupun cross country,” katanya.

Ia mengatakan, event ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan dan memasarkan potensi alam dan budaya Indonesia khususnya Yogyakarta.

“Selain itu juga memberikan hiburan dan wawasan kepada masyarakat, serta menjadikan event tahunan sehingga bisa menjadi destinasi wisata,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif