News
Kamis, 23 April 2015 - 03:40 WIB

REKOR MURI : Ditarikan 42 Km, Tarian Terpanjang Ada di Ternate

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tarian Soya Soya (JIBI/Solopos/Antara)

Rekor Muri mencatat tarian terpanjang ada di Ternate. Yakni tari Soya-Soya yang ditarikan sepanjang 42 km.

Solopos.com, MALUKU UTARA —  Museum Rekor Indonesia (Muri) menyatakan kekagumannya atas semangat pelajar di Ternate, Maluku Utara, yang menari tarian Soya Soya sepanjang 42 kilometer merupakan tarian terpanjang di dunia.

Advertisement

Senior Manager MURI, Paulus Pangka, di Ternate, Senin, mengatakan, tariansoya-soya yang diestafetkan ini berhasil memecahkan rekor baru di museum rekor ini sebagai tarian terpanjang dan baru pertama kali terjadi Indonesia.

Tari ini diilhami gerak harmonis burung langka yang eksotik khas kepulauan setempat saat dia memasuki musim kawin. Burung ini tidak tiap saat bisa dilihat manusia karena ada waktu tertentu dan lokasi tertentu. 
“Pada Minggu kemarin, Muri mencatat ada rekor baru dan bukan hanya memecahkan rekor MURI tapi memecahkan rekor dunia baru yaitu pergeralaran tari soya-soya secara ekstafet terpanjang dan mengelilingi gunung Gamalama dan ini baru pertama kali terjadi di Indonesia bahkan dunia,” katanya, Senin (20/4/2015) sebagaimana ditulis Kantor Berita Antara.

Sebagai rekor baru dunia, kata Pangka, selama ini di dunia belum pernah ada orang melaksanakan tarian mengelilingi satu pulau, tetapi baru kali ini dilakukan di Kota Ternate.

Advertisement
Bagi Muri, ini catatan rekor ke 6.902 dengan kriteria super latih atau yang paling panjang sepanjang 42 kilometer, sejarak hampir sama dengan lintasan marathon, yang dimulai di depan Kantor Wali Kota Ternate hingga depan kawasan Daulasi.

Selain dipenuhi penarinya, ribuan penduduk setempat dari berbagai usia dan kalangan tumpah-ruah.  Sejumlah warga kota Ternate memberikan apresiasi atas kegiatan Soya-Soya Kololi Kie 2015 ini.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif