News
Kamis, 23 April 2015 - 16:15 WIB

KONFERENSI ASIA AFRIKA : Jokowi Desak Iran Tingkatkan Impor Produk Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Iran Hasan Rouhani (Istimewa)

Konferensi Asia Afrika yang ke 60 tahun diperingati di Jakarta dan Bandung.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Iran meningkatkan impornya terhadap produk buatan Indonesia untuk meningkatkan kerja sama perdagangan yang lebih kuat dari sebelumnya.

Advertisement

Sekretaris Kabinet, Andi Widjajanto, mengatakan dalam pertemuannya dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kedua negara meningkatkan volume perdagangannya.

Pasalnya, saat ini perdagangan kedua negara terus menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Tren perdagangan kedua negara menurun, harus ada usaha kedua negara untuk meningkatkan volumenya,” katanya di Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Advertisement

Andi menuturkan dalam kesempatan itu Presiden Hassan Rouhani juga memastikan ada beberapa perusahaan dari negaranya yang siap berinvestasi di sektor energi yang ada di Indonesia.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, mengatakan Indonesia mendorong agar Iran meningkatkan impornya terhadap produk dalam negeri, seperti minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO), kertas, teh, dan kopi.

“Yang dibicarakan adalah upaya meningkatkan kerja sama perdagangan, dalam hal ini Indonesia mendorong Iran untuk menambah impornya terhadap barang Indonesia, seperti CPO, kertas, teh, dan kopi,” ujar dia.

Advertisement

Saat ini, perdagangan antara Indonesia dengan Iran terhambat karena embargo perbankan oleh Amerika Serikat.

Dalam pidatonya saat Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika, Hassan Rouhani menawarkan kerja sama regional dengan negara-negara sekitar, untuk memperkuat perdamaian dan stabilitas yang bertujuan memastikan pembangunan ekonomi di kedua negara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif