Foto
Kamis, 23 April 2015 - 04:00 WIB

FOTO HARI BUMI : SMP Islam di Solo Rayakan Earth Day

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Begini kegiatan SMP Islam Diponegoro Solo, Rabu (22/4/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Hari Bumi diperingati SMP Islam di Solo.

Begini kegiatan SMP Islam Diponegoro Solo, Rabu (22/4/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Advertisement

Siswa SMP Islam Diponegoro Solo melakukan aksi menanam bibit pohon di halaman sekolah mereka, Rabu (22/4/2015). Aksi menanam bibit pohon yang diikuti oleh seluruh siswa dan guru sekolah Islam tersebut untuk memperingati Hari Bumi sekaligus sebagai bentuk edukasi bagi siswa agar tumbuh rasa cinta dan peduli pada lingkungan hidup.

Begini kegiatan SMP Islam Diponegoro Solo, Rabu (22/4/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Hari Bumi yang diperingati Earth Day Network setiap tanggal 22 April dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada 1970 sesuai datangnya musim semi di belahan Bumi utara dan musim gugur di belahan Bumi selatan. Hari Bumi ala senator Amerika Serikat itu berbeda dengan Hari Bumi yang dicanangkan aktivis perdamaian John McConnell setahun sebelumnya. Hari Bumi versi John McConnell yang sering disebut Ekuinoks Maret jatuh setiap 20 Maret sesuai tradisi yang disesuaikan dengan hari saat matahari tepat di atas katulistiwa.

Advertisement

Berbeda pula dengan kedua versi Hari Bumi tersebut, Persatuan Bangsa-Bangsa dalam sidang umum tahun 1972 menetapkan Hari Lingkungan Hidup Sedunia untuk menandai pembukaan Konferensi Lingkungan Hidup di Stockholm. Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni untuk meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif