News
Rabu, 22 April 2015 - 12:35 WIB

PEGAWAI KKP TEWAS DI HOTEL : Kabareskrim: Korban Saksi Kunci Kasus Perbudakan di Benjina

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah Anak Buah Kapal (ABK) warga negara Myanmar, Laos, dan Kamboja yang bekerja di PT. PBR Benjina tiba di PPN Tual, Maluku, Sabtu (4/4/2015). Sebanyak 323 ABK diangkut menuju ke Tual dengan pengawalan KRI Pulau Rengat dan Kapal Pengawas Hiu Macan 004 sambil menunggu proses pemulangan oleh pihak Imigrasi. (JIBI/Solopos/Antara/Humas Kementerian Kelautan Perikanan)

Pegawai KKP yang tewas di hotel pekan lalu, merupakan saksi kunci kasus perbudakan manusia di Benjina.

Solopos.com, JAKARTA — Kabareskrim Polri Komjen Pol. Budi Waseso menyebut Yoseph Sairlela, pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang ditemukan tewas pekan lalu, merupakan saksi kunci kasus Benjina.

Advertisement

“Salah satu saksi kunci illegal fishing, beliau tahu soal Benjina,” kata Budi Waseso saat ditemui di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Kendati Yoseph Sairlela telah meninggal, Budi Waseso menyatakan hal tersebut tidak akan mengganggu proses penyidikan kasus Benjina. “Kan [saksi] enggak cuma satu,” kata mantan Kapolda Gorontalo itu.

Terkait kematian Yoseph, lanjut Budi Waseso, hal itu akan ditangani Bareskrim. Namun, saat ini jenazah tengah diotopsi sehingga belum diketahui dugaan kematian Yoseph. “Kita belum tahu, menunggu hasil autopsi. Tidak bisa diduga-duga,” katanya.

Advertisement

Mengenai penanganan kasus Benjina, Kabareskrim telah mengirimkan tujuh penyidik ke Benjina. Tim gabungan itu akan menelusuri dugaan kasus perbudakan dan illegal fishing. “Nanti malam berangkat lagi ke Benjina,” katanya.

Yosef Sairela ditemukan tak bernyawa di sebuah hotel di kawasan Mentang, Jakarta Pusat, Sabtu (18/4/2015) lalu. Yosef merupakan Kepala Satuan Kerja Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Dobo, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif