News
Rabu, 22 April 2015 - 10:55 WIB

KONFERENSI ASIA AFRIKA : Jokowi Yakin Asia Afrika Masa Depan Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo memberikan sambutan ketika membuka Asian-African-Business Summit yang merupakan rangkaian peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Selasa (21/4/2015). Asian-African-Business Summit itu mengangkat tema "Realization of Asia-Africa Partnership for Progress and Prosperity". (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.).

Konferensi Asia Afrika yang digelar pertengahan April ini di Jakarta dan Bandung.

Solopos.com, JAKARTA – Negara-negara equator dan kawasan Asia Afrika diyakini merupakan masa depan dunia dengan segala potensi sumber daya manusia dan juga potensi ekonomi yang ada.

Advertisement

“Melalui forum ini saya ingin sampaikan keyakinan kita masa depan dunia ada di equator, masa depan kita di dua benua Asia dan Afrika,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Oleh karena itu, lanjut dia, melalui kerja sama Asia Afrika maka kawasan yang maju dan sejahtera bisa diwujudkan.

Advertisement

Oleh karena itu, lanjut dia, melalui kerja sama Asia Afrika maka kawasan yang maju dan sejahtera bisa diwujudkan.

Kepala Negara memandang saat ini dalam kerja sama internasional dan arsitektur politik internasional masih terjadi ketidakadilan dan ketimpangan antarkawasan.

“Dunia sekarang ini masih penuh dengan ketidakadilan, tantangan baru [mewujudkan kerja sama internasional] berdasarkan keadilan, kesetaraan,” kata Presiden.

Advertisement

“Untuk melakukan reformasi arsitektur global, membutuhkan kepemimpinan global yang kolektif,” kata dia.

Presiden menegaskan Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dan juga salah satu kekuatan ekonomi dunia siap bekerja sama dengan semua negara terutama negara Asia Afrika untuk mewujudkan tata hubungan global yang lebih adil dan seimbang.

“Indonesia siap bekerja sama dengan semua pihak untuk mewujudkan cita-cita itu hari ini dan besok kita berkumpul di Jakarta untuk menjawab tantangan. Hari ini dan besok dunia menanti langkah kita dengan membawa bangsa Asia Afrika berdiri sejajar [dengan bangsa lain],” kata Presiden.

Advertisement

Setelah menyampaikan pidato, Presiden kemudian meresmikan pembukaan KTT Asia Afrika dengan memukul gong didampingi oleh Presiden Myanmar Thein Sein dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Presiden Joko Widodo Rabu pagi menyambut kedatangan para Kepala Negara yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika di Jakarta Convention Hall.

Tampak hadir dan disambut oleh Presiden antara lain Sultan Brunei Darussalam Hasanal Bolkiah, Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping, Perdana Menteri Palestina Rami Al Hamdallah, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, Raja Jordania Abdullah II, Presiden Iran Hassan Rouhani, dan PM Thailand Jenderal Prayut Chan o cha.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif