News
Selasa, 21 April 2015 - 20:30 WIB

WAKAPOLRI BARU : Badrodin Sebut Wakapolri Belum Diputuskan, Budi Waseso Bilang Sudah

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Komjen Pol. Budi Gunawan di DPR. (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.)

Wakapolri baru masih tanda tanya. Bukan hanya soal BG yang jadi dipilih atau tidak, tapi juga soal keputusan Wanjakti.

Solopos.com, JAKARTA — Kabareskrim Polri Komjen Pol. Budi Waseso mengatakan sidang Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) pada Jumat (17/4/2015) lalu sudah menghasilkan satu nama calon Wakapolri.

Advertisement

“Hasil Wanjakti hanya nama tunggal. Sudah ada satu nama yang mengumumkan pak Kapolri,” katanya saat ditemui di Bareskrim, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Saat disinggung apakah satu nama itu merupakan Budi Gunawan yang selama ini sering disebut, Kabareskrim mengatakan soal itu tergantung Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Komjen Budi Waseso mengatakan dalam sidang Wanjakti tak ada perdebatan, semua pejabat Polri menyetujui satu nama Wakapolri. “Gak alot-alot [sidang wanjakti],” kata mantan Kapolda Gorontalo itu.

Advertisement

Dia menuturkan semua jenderal bintang tiga masuk dalam bursa pencalonan, namun pada akhirnya Wanjakti memilih satu nama. Menurut Kabareskrim. satu nama itu dipilih secara aklamasi saat sidang Wanjakti. “Aklamasi, begitu Pak Kapolri tentukan, enggak ada sampaikan alasan lain,” katanya.

“Kapolri yang pimpin. Itu kekompakan organisasi Polri itu. Kapolri bilang A kita ikuti A.”

Dia menambahkan soal wakapolri merupakan kewenangan internal organisasi Polri. “Itu kan kewenangan Kapolri jabatan mutlak hasil wanjakti,” katanya. Kabareskrim membenarkan bahwa pada rapat Wanjakti beberapa pejabat Polri tidak hadir, namun tetap bisa dikomunikasikan melalui telepon.

Advertisement

Hal ini berbeda dengan apa yang dikatakan Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti. Saat disinggung nama Komjen Pol. Budi Gunawan yang dikabarkan sudah menjadi Wakapolri, Badrodin Haiti mengatakan belum. “Belum. Tergantung nanti beberapa nama yang direkomendasikan [Wanjakti],” katanya.

Badrodin membenarkan pihaknya telah menggelar sidang Wanjakti itu meski belum menentukan nama. “Kan belum lengkap tidak bisa,” katanya ditemui di Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif