Jogja
Selasa, 21 April 2015 - 04:20 WIB

UMRAH 2015 : Visa Kembali Dibatasi

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jemaah haji melempar jumrah, Sabtu (4/10/2014). (JIBI/Solopos/Reuters/Muhammad Hamed)

Umrah 2015 untuk visa kembali dibatasi.

Harianjogja.com, JOGJA- Pemerintah Arab Saudi, kembali melakukan pembatasan visa umrah. Kebijakan tersebut diterapkan mulai 20 April 2015.

Advertisement

Menurut owner Hariza Tour Umrah dan Haji, Haryantiningroom, informasi terkait pembatasan visa umrah tersebut diterima dari Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji Khusus (Himpuh), Sabtu (18/4/2015).

“Iya, pembatasan visa untuk tahun ini mulai dilakukan. Saya sudah setop pendaftaran, kawatir tidak dapat visa dan mengecewakan calon jamaah,” kata Yanti saat ditemui Harianjogja.com di Ambarrrukmo Plaza, Minggu (19/4/2015).

Yanti mengaku belum mengetahui, kuota visa yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi untuk jamaah umrah dari Indonesia. Hanya saja, sambungnya, pembatasan visa umrah tersebut dilakukan untuk bulan Rajab, Syakban dan Ramadan. Sejumlah travel agent umrah dan haji mulai membatasi perekrutan jamaah umrah. Beruntung, sambung Yanti, sebanyak 39 orang jamaah dari Jogja sudah mendapat visa keberangkatan untuk 27 Mei mendatang. Begitu juga dengan dua rombongan yang berangkat saat Ramadan, yakni pada 17 dan 24 Juni.

Advertisement

“Yang jelas, visa umrah dibatasi di tiga bulan itu. Kami hanya berharap agar masyarakat hati-hati saat
melakukan pendafaran. Dapatkan informasi yang jelas, jangan asal mendaftar,” kata Yanti.

Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Joko Asmoro mengatakan, pembatasan kuota visa umrah tersebut terjadi setiap tahun. Dia membantah, pembatasan dan penutupan visa umrah tersebut merupakan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah Arab Saudi.

“Ya, setiap tahun mereka melakukan pembatasan visa umrah,” ujar Joko.

Advertisement

Selain agenda tahunan, lanjut Joko, pembatasan visa umrah juga terkait dengan tingginya jumlah pendaftar jamaah umrah yang terjadi setiap tahun. Pada 2013, misalnya, tercatat sebanyak 511.982 jamaah umrah yang berangkat. Sementara, 2014 lalu tercatat jumlah jamaah umrah yang terdaftar mencapai 800.000 jamaah.

“Sebelum ada pembatasan, setiap bulan jamaah umrah yang berangkat antara 120.000 hingga 150.000 orang. Namun, akibat pembatasan visa umrah tersebut hanya 15% dari jumlah tersebut yang berangkat,” tukasnya.

Advertisement
Kata Kunci : Haji 2015 Umrah 2015
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif