Otomotif
Selasa, 21 April 2015 - 09:15 WIB

MOBIL PROTON : Proton Malaysia Bakal Jual Supercar di Tiongkok

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lotus Evora 400 yang dikembangkan bersama Proton Malaysia. (Autoblog.com)

Mobil Proton Lotus Evora 400 menjadi salah satu supercar yang akan dipasarkan di Tiongkok.

Solopos.com, KUALA LUMPUR – Produsen mobil asal Negeri Jiran, Proton, berencana menciptakan supercar dan memasarkannya di Tiongkok dengan bendera Lotus. Salah satu produk yang akan dipasarkan adalah Evora 400.

Advertisement

Seperti dilansir laman Detik, Senin (20/4/2015), Proton selaku pemegang saham induk perusahaan Lotus Group telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Lotus International Inggris dan Goldstar Heavy Industrial Tiongkok. Kerja sama itu dilakukan untuk memperluas ekspansi Proton di bursa otomotif Negeri Tirai Bambu,

Dalam keterangan resminya, Proton menyebut kerja sama itu juga dimaksudkan untuk mempercepat pengembangan produk Lotus di kelas sport premium. Selain itu, kesempatan itu juga dilakukan untuk memanfaatkan insentif yang ditawarkan oleh Pemerintah Provinsi Fujian, Tiongkok.

Dato Abdul Harith selaku CEO Proton mengungkapkan kerja sama tiga negara itu juga dilakukan untuk kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi otomotif yang modern dan efisien.

Advertisement

Setelah sukses memproduksi dan menjual mobil dengan merek Lotus serta memberikan layanan purnajual yang baik bagi konsumen di Tiongkok, Proton Malaysia akan memboyong hasil penelitian itu untuk diterapkan pada mobil dengan emblem Proton.

“Pasar otomotif di Tiongkok merupakan yang terbesar di dunia untuk saat ini dan masih akan terus berkembang. Oleh karena itu wajar bagi sebuah perusahaan ikonik mapan seperti Lotus untuk mulai berekspansi. Kami akan memanfaatkan kesempatan ini dengan baik,” ungkap Dato sebagaimana dikutip dari laman Autoblog, Sabtu (18/4/2015).

CEO Proton itu juga menjelaskan penjualan Lotus di kuartal pertama 2015 meningkat hingga 55 persen dibandingkan tahun lalu. Dengan merambah ke Tiongkok, diharapkan penjualan Lotus akan meningkat lebih jauh.

Advertisement

Sebelumnya, nama mobil Proton sempat ramai terdengar di Tanah Air karena disebut-sebut akan membantu Indonesia menciptakan mobil nasional (mobnas).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif