News
Selasa, 21 April 2015 - 13:55 WIB

KERJA SAMA BILATERAL : Indonesia akan Bebaskan Bea Masuk Produk Palestina

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis)

Kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Palestina salah satunya berkaitan dengan rencana pembebasan bea masuk produk Palestina ke Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah Indonesia mempertimbangkan pembebasan bea masuk terhadap seluruh produk yang berasal dari Palestina.

Advertisement

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Pemerintah Palestina meminta agar perdagangan antara Indonesia dengan negaranya diperbesar. Untuk itu pemerintah akan mengkaji beberapa insentif yang diberikan, seperti pembebasan bea masuk seluruh produk dari Palestina.

“Ada pemikiran agar pajak untuk barang-barang dari Palestina dibebaskan. Ini masih dalam kajian. Kalau bisa diberikan insentif pajak, produk-produk itu akan bisa masuk ke Indonesia,” kata Jokowi seusai menemui Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah di Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Presiden Jokowi menuturkan pemerintah juga akan membuka Konsulat Kehormatan di Ramallah, Palestina, untuk memudahkan peningkatan kerja sama kedua negara.

Advertisement

Menurut dia, Indonesia juga akan menjajaki kerja sama untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia dengan Palestina dan terus mendukung kemerdekaan negara tersebut.

Hingga kini, Palestina menjadi satu-satunya negara peserta Konferensi Asia Afrika yang masih dijajah.

“Penjajahan harus diakhiri. Oleh sebab itu, setelah ini akan ada pertemuan tindak lanjut untuk Palestina,” ujar dia.

Advertisement

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga mengimbau agar semua negara peserta Konfrensi Asia Afrika mendukung keanggotaan penuh Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Indonesia akan melakukan pertemuan lanjutan dengan negara tersebut untuk membahas tindak lanjut dari dukungan tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif