News
Selasa, 21 April 2015 - 10:30 WIB

KAPOLRI BARU : IPW Menilai Budi Gunawan Tepat Jadi Wakapolri, Ini Alasannya

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Komjen Pol Budi Gunawan (Wikipedia)

Kapolri baru akan memutuskan Wakapolri pekan ini. IPW menilai Budi Gunawan tepat menjadi wakapolri.

Solopos.com, JAKARTA – Indonesia Police Watch (IPW) menilai Komjen Pol. Budi Gunawan sebagai figur yang tepat untuk menduduki jabatan Wakapolri.

Advertisement

Ketua Presidium IPW Neta S Pane, mengatakan sosok Wakapolri nantinya harus mampu membantu Kapolri Jenderal Badrodin Haiti dalam membangun dan menjalankan soliditas di internal dengan cepat.

“Wakapolri yang mampu menciptakan soliditas dalam waktu satu hingga tiga bulan,” katanya kepada Bisnis/JIBI, Selasa (21/4/2015).

Menurut dia, calon Wakapolri yang cakap menjalankan kemauan Wakapolri soal soliditas itu ada pada jenderal bintang tiga senior dan memiliki kapasitas mumpuni.

Advertisement

Neta menilai Budi Gunawan merupakan figur yang mampu membangun soliditas tersebut. “Budi Gunawan paling senior, dia yang lebih dulu dapat pangkat Komjennya,” kata dia.

Budi Gunawan, tutur Neta, telah berkali-kali dipercaya oleh Kapolri terdahulu untuk membuat konsep tentang kepolisian. Kemudian, Budi Gunawan juga memiliki lobi yang kuat ke pemerintahan dan masyarakat.

“Dengan situasi sekarang, Polri butuh seorang yang mampu melakukan lobi ke pemerintahan,” kata dia.

Advertisement

Neta melihat peluang Kepala Lembaga Pendidikan Polri itu cukup besar untuk menjabat Wakapolri, mengingat sempat dicalonkan sebagai Kapolri meski dibatalkan oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengaku akan menentukan pendampingnya pada pekan ini. Seluruh bintang tiga di Polri berpeluang menjabat Wakapolri, namun nama-nama tersebut akan digodok dalam rapat Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) yang dipimpin Kapolri.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif