Jateng
Selasa, 21 April 2015 - 03:50 WIB

ANTISIPASI FLU BURUNG : Bantuan Vaksin untuk Peternak di Temanggung Menurun

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kasus flu burung (JIBI/dok)

Ilustrasi kasus flu burung (JIBI/dok)

Antisipasi flu burung terus dilakukan Pemkab Temanggung. Pemkab mencatat bantuan vaksin flu burung untuk peternak unggas di Temanggung tahun ini menurun dibanding tahun lalu 

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG – Bantuan vaksin flu burung bagi para peternak di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pada tahun ini menurun dibanding tahun lalu.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Sri Widada di Temanggung, Senin (20/4/2015), menyebutkan alokasi bantuan vaksin flu burung tahun ini sebanyak 70.000 dosis dari APBD Kabupaten Temanggung dan 16.000 dosis dari APBN.

Advertisement

Pada 2014, alokasi bantuan vaksin flu burung yang diperoleh Kabupaten Temanggung mencapai 21.000 dosis dari APBN dan 90.000 dosis dari APBD Kabupaten Temanggung.

Ia menyebutkan dari alokasi bantuan APBD Kabupaten Temanggung sampai saat ini sudah terserap 20.000 dosis, sedangkan bantuan APBN sudah terserap 8.000 dosis.

“Pemberian vaksin flu burung secara rutin dilakukan untuk pencegahan, terutama daerah-daerah yang endemik flu burung akan kita beri vaksin terus,” katanya seperti dikutip Antara.

Advertisement

Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan (P3H), Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Nurul Khasanah mengatakan daerah endemik flu burung di Temanggung tersebar di 17 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada.

“Sebanyak 17 kecamatan sudah pernah ditemukan kasus flu burung, sedangkan untuk tiga kecamatan, yakni Tretep, Kledung, dan Bansari belum pernah ditemukan kasus flu burung,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif