News
Senin, 20 April 2015 - 14:30 WIB

PENGHAPUSAN PREMIUM : Pemerintah Jamin Pertalite Tak Picu Kenaikan Harga Sembako

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bahan bakar minyak (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis)

Penghapusan premiun dan digantikan pertalite dijamin tidak mendorong kenaikan harga sembako.

Solopos.com, JAKARTA – Peralihan premium ke pertalite segera diterapkan. Pemerintah memastikan perubahan kualitas bahan bakar minyak (BBM) dari premium ke pertalite tidak akan mendorong kenaikan harga barang kebutuhan pokok.

Advertisement

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan harga BBM baru jenis pertalite otomatis akan dijual lebih mahal dari premium karena kualitasnya lebih baik.

Namun hal itu tidak serta merta mendorong peningkatan harga bahan pokok nasional. Pasalnya, kualitas pertalite yang lebih baik dari premium menyebabkan pemakaian bahan bakar menjadi lebih sedikit.

“ [Harga kebutuhan pokok] Tidak [naik], kan kualitasnya, kalian akan memakai lebih sedikit,” jelas JK, Senin (20/4/2015).

Advertisement

Sayangnya, dia tidak dapat merinci persentase efisiensi yang dihasilkan dari pemakaian pertalite dibandingkan premium pada mesin kendaraan.

“Ada lah [persentase efisiensi]. Tanya saja sama Pertamina nanti,” jawabnya kepada awak media.

Kalla hanya menjelaskan perubahan jenis bahan bakar dari RON 88 menjadi RON 90-91 dilakukan sebagai salah satu cara memperbaiki kualitas BBM nasional. Hal itu berfungsi memperbaiki kelancaran mesin kendaraan karena oktan yang makin baik.

Advertisement

“Semakin tinggi oktannya semakin baik. Itu hanya bicara oktan saja, bicara kualitas,” tutur dia.

Sebelumnya, Kalla memastikan BBM pengganti premium tidak akan disubsidi oleh pemerintah.

Mulai awal Mei 2015, PT Pertamina (Persero) akan menghapus bensin premium di beberapa SPBU kota-kota besar. Premium akan diganti pertalite dengan kualitas sedikit di bawah pertamax dengan RON 92.

Nantinya, Premium hanya akan difokuskan pada angkutan umum dan moda transportasi umum, khususnya di SPBU luar pusat kota.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif