Otomotif
Senin, 20 April 2015 - 18:55 WIB

MOBIL KONSEP : Supercar Ford GT Siap Diproduksi, Bodi Pakai Serat Karbon

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mobil konsep Ford GT. (Autoblog.com)

Mobil konsep Ford GT segera diproduksi dengan bodi berbahan dasar serat karbon yang terkenal ringan.

Solopos.com, MICHIGAN – Setelah mengikuti berbagai pameran, mobil konsep Ford GT akhirnya akan diproduksi. Ingin memaksimalkan tenaga, supercar asal Amerika Serikat itu akan dibalut dengan bodi berbahan serat karbon.

Advertisement

Langkah Ford Motor Corporation untuk memproduksi mobil konsep Ford GT akhirnya sampai pada titik terang. Dilansir laman Wallstreetjournal, Jumat (17/74/2015), mobil konsep itu akan menjadi mobil pertama Ford yang dibangun dengan bodi serat karbon. Nantinya, mobil itu akan dibanderol di kisaran US$400.000 atau sekitar Rp5,1 miliar.

Dalam siaran resminya, Ford mengatakan telah menandatangani kesepakatan dengan Dowaksa, produsen serat karbon yang berbasis di Istanbul, Turki. Dijelaskan pula, Ford GT akan melakukan penetrasi di pasar supercar pada Januari 2016.

Pemilihan bahan serat karbon untuk Ford GT bukan tanpa alasan. Beberapa tahun belakangan Ford memang tengah gencar melakukan riset untuk menciptakan supercar dengan performa “buas” namun dengan konsumsi bahan bakar yang irit.

Advertisement

Sebelum memutuskan memilih bahan serat karbon, Ford GT sempat dibangun dengan bodi berbahan aluminium F-150. Bahan yang juga digunakan pada sejumlah pesawat jet itu mampu menghemat konsumsi bahan bakar mencapai 30 persen.

Sedangkan dengan serat karbon, dengan semburan tenaga yang sama, konsumsi bahan bakar Ford GT dapat ditekan hingga 50 persen lebih irit daripada saat menggunakan bahan aluminium F-150. Kendati demikian Ford menjamin keamanan dan keselamatan tetap terjamin.

“Tujuan dari pekerjaan kami di sini menjalankan blueprint perusahaan yang berkelanjutan. Artinya, nanti kendaraan Ford bakal lebih ringan dengan kinerja yang optimal dan bahan bakar yang lebih ekonomis,” kata Mike Whitens, Direktur Penelitian dan Pengembangan Teknik Ford.

Advertisement

Bukan Hal Baru
Dikutip Solopos.com dari laman Motorcycle, penggunaan bahan serat karbon pada mobil bukanlah hal yang baru.

Perusahaan otomotif Jerman, BMW, sudah terlebih dahulu menggunakan bahan ringan itu pada varian BMW I3. Bahkan, saat ini mereka juga tengah mengembangkan pelek dengan bahan yang sama.

Raksasa otomotif Prancis, Peugeot juga telah menciptakan mobil konsep dari bahan yang sama. Mobil yang dinamai Onyx itu memiliki bodi yang terbuat dari campuran aluminium, serat karbon, dan kertas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif