Sport
Senin, 20 April 2015 - 03:25 WIB

ATURAN MOTOGP : Enam Pabrikan Panaskan Musim 2017

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Aturan baru MotoGp akan diberlakukan pada musim balapan 2017.
Enam pabrikan akan ikut balapan.

Solopos.com, SAKHIR— Balapan MotoGP musim 2017 diprediksi kian panas menyusul enam tim pabrikan yang resmi ikut serta. Honda, Yamaha, dan Ducati, jelas akan melanjutkan kiprah mereka yang dikenal sebagai tim papan atas MotoGP hingga saat ini.

Advertisement

Suzuki yang comeback di musim ini sejak 2011 juga menyatakan komitmennya, sedangkan Aprilia yang sekarang berpartner dengan Gresini siap tampil solo sebagai tim pabrikan.

Selain kelima tim yang sudah cukup punya nama, tim Moto3, KTM, akan menjajal peruntungannya sebagai tim baru di ajang kelas balap premier musim 2017. Tim pabrikan asal Austria ini siap mengikuti jejak tim Moto2, Marc VDS, yang masuk ke MotoGP musim ini.

Meskipun demikian, Dorna selaku penyelenggara MotoGP siap mengikat mereka dengan berbagai aturan baru dalam dua musim mendatang. Antara lain, soal kewajiban mereka menurunkan dua motor pabrikan. Selain itu, mereka juga harus menyewakan dua hingga empat motor kepada tim satelit atau tim privat.

Advertisement

“Kami mengusulkan enam pabrikan yang telah berkomitmen untuk berpartisipasi. Mereka memiliki kewajiban untuk menurunkan dua motor dan menyewakannya. Dorna akan membayar hampir seluruh biaya penyewaan semua motor untuk tim satelit, dengan kesepakatan harga tertinggi yang sudah disepakati. Cara ini akan memberikan keamanan finansial yang lebih besar,” papar CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, dilansir MotoGP, Minggu (19/4/2015).

Ezpelata menambahkan Dorna akan mengucurkan dana hampir 30 % lebih banyak ke dalam grid start daripada musim ini. Kemudahan yang diberikan Dorna tersebut demi memastikan dua hal.

Pertama, tidak ada tim baru yang akan diterima, kecuali ada yang mundur karena jumlah pembalap di kelas ini maksimal 24 rider. Jadi, satu pabrikan akan punya dua motor dan dua lagi untuk tim satelit. Kedua, setiap tim privat memiliki hak menyewa motor dari pabrikan dengan spesifikasi seperti motor untuk tim satelit.

Advertisement

“Jumlah seri tidak lebih dari 20 putaran per musim. GP Austria akan dikonfirmasi lagi tahun depan. Di samping itu, Dorna sedang membicarakan dengan Thailand soal menjadi tuan rumah. Kejuaraan ini akan kian kompetitif karena penggunaan electronic control unit [ECU] yang sama,” jelas Ezpeleta. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/solopos)

Sejumlah pabrikan motor ikut dalam MotoGP 2015. Tahun 2017 diperkirakan 6 pabrikan ikut serta. ist/c

Advertisement
Kata Kunci : Motogp 2017
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif