Sport
Minggu, 19 April 2015 - 17:50 WIB

PROLIGA 2015 : Aprilia Manganang, Spiker Cewek "Macho" yang Bikin Kontroversi

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aprilia S Manganang (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Proliga 2015 kali ini diramaikan dengan perbincangan tentang sosok April Manganang.

Solopos.com, SOLO — Masih ingatkah Anda dengan Sabina Altynbekova, pemain voli putri dari Kazakhtan yang dielu-elukan karena paras cantiknya? Berbeda dengan Sabina, spiker tangguh dari tim voli putri Jakarta Electric PLN, Aprilia Manganang, di Proliga 2015 ini justru sering dikira laki-laki lantaran penampilannya yang macho.

Advertisement

Seusai pertandingan final putri Proliga 2015, sosok Aprilia Manganang yang sempat diwawancarai reporter TV One, langsung menjadi trending topic di Twitter, Minggu (19/4/2015). Sebagai spiker putri, April mampu melancarkan smash keras dan tajam.

Perawakannya yang tegap dan lengan kekar, membuat status gender April sempat dipertanyakan. Bahkan, ia pernah menuai polemik. Beberapa kejadian tak enak pun sempat dialami April karena penampilan machonya.

Advertisement

Perawakannya yang tegap dan lengan kekar, membuat status gender April sempat dipertanyakan. Bahkan, ia pernah menuai polemik. Beberapa kejadian tak enak pun sempat dialami April karena penampilan machonya.

Saat Liga Bola Voli Indonesia (Ivoli) 2011, tim Popsivo Polwan sempat menolak bertanding melawan Alko Bandung, klub April bermain, karena hasil feminine test-nya belum keluar. Feminin test ini dilakuakn lantaran Popsivo meragukan status gender April sebagai wanita.

Kondisi tersebut kembali terulang di Livoli 2013. Saat itu, Bank Jatim Surabaya dan Petrokimia Gresik melancarkan protes. Tak hanya itu, status gender April juga diprotes Filipina dalam kualifikasi kejuaraan dunia zona Asia Tenggara di Vietnam.

Advertisement

Pada 2014 silam, perempuan kelahiran Pulau Siau, Sulawesi Utara, 27 April 1992 ini, bisa tampil di ajang kompetisi bola voli Proliga memperkuat Manokwari Valeria Papua Barat. Tahun ini, April membela Jakarta Electric PLN. Tak hanya itu, pemain yang akrab dengan nomor 7 ini juga dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia di SEA Games 2015 Singapura.

Sementara itu, sebagian pengakses Internet atau netizen, turut dibuat bingung melihat penampilan April. “Aprilia Manganang itu cowok atau cewek sih?” tulis @gagalman.

“@IchwalW gacoan gua aprilia manganang, bukan cewe tuh orng ngomongnya imut batt,” sahut @luckyrachman_ yang secara tidak langsung meragukan sisi kewanitaan April lantaran suara April terdengar tegas  sebagaimana saat pria berbicara.

Advertisement

“Nonton voli proliga cewek trus ada aprilia manganang.…..itu asli cewek? Kok………sangar -___-,” tulis @seliasajalah.

”Aprilia Manganang itu look’a Lakik banget #Volly Proliga,” sahut @RiccoDarl_.

Namun, ada juga yang memandang April dari sisi kualitas smash yang dilakukannya.

Advertisement

“Aprilia Manganang itu keren serius,” tulis @monicageby.

“Kalo digebok ama pemain volly yg nmnya aprilia manganang dari jakarta electric PLN, rasanya gimana ya tuh,” tulis @onextime.

“Menganga liat smash dari Aprilia Manganang…. Juara banget ini pemain Voli Jakarta Elektrik,” tulis @diditpete.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif