Teknologi
Minggu, 19 April 2015 - 23:40 WIB

Menkominfo Ingin Indonesia Jadi Tuan Rumah Konferensi Cyber

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menkominfo Rudiantara (JIBI/Solopos/Antara)

Menkominfo Rudiantara berharap Indonesia menjadi tuan rumah untuk gelaran GCGS.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan rasa tertariknya menggelar konferensi Global Conference Cyber Space (GCGS) pada 2017 di Indonesia. Menurutnya, akan ada banyak keuntungan yang didapat rakyat Indonesia dari perhelatan ini.

Advertisement

“Dengan rendah hati, kami mengajak seluruh peserta untuk menerima ketertarikan Indonesia sebagai tuan rumah GCCS untuk menjaga keberlanjutan semangat cyber sekuruti yang hidup di Den Haag,” kata Rudiantara di hadapan 2.000 peserta forum internasional GCCS 2015 di Den Haag Hall World Conference, sebagaimana dilansir Detik, Minggu (19/4/2015).

Sementara itu, menurut Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Semuel A Pangerapan (Sammy) yang ikut dalam rombongan menteri ke Den Haag pun menyatakan apresiasi dan mendukung ambisi tersebut.

Advertisement

Sementara itu, menurut Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Semuel A Pangerapan (Sammy) yang ikut dalam rombongan menteri ke Den Haag pun menyatakan apresiasi dan mendukung ambisi tersebut.

Sammy mengungkapkan, apabila Indonesia menggelar acara cyber sekuriti, akan ada dampak positif yang dirasakan ekosistem ICT Indonesia. Acara tersebut akan memperluas wawasan tentang konsep keamanan jaringan untuk masyarakat saat mengakses Internet.

APJII juga siap melakukan koordinasi dengan Kementerian Kominfi, Kemlu, Polhukam, dan Civil Society, apabila GCCS 2017 jadi digelar di Indonesia.

Advertisement

Sementara itu, dilansir Bisnis, Senin (13/4/2015). Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Rosarita Niken Widiastuti dikabarkan mendapatkan tawaran untuk mengisi salah satu posisi direktur jenderal di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kabarnya, Niken bakal diplot memimpin Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo. Pasalnya, Dirjen saat ini, Freedy H. Tulung, tidak lama lagi memasuki masa pensiun.

Namun begitu, menurut Niken yang merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada itu menjelaskan semua belum dapat dipastikan. Ada sejumlah tes yang harus ia lalui untuk mengisi jabatan eselon satu itu.

Advertisement

“Untuk menjadi dirjen ada proses assesment dan sebagainya. Sampai sekarang belum ada proses,” kata Niken.

Kabar Niken bergabung dengan Kemkominfo bukan berembus kali ini saja. Menjelang pengumuman Kabinet Kerja tahun lalu, dia menjadi kandidat kuat Menkominfo selain praktisi teknologi informasi Onno W. Purbo dan Komisaris PT Indosat Tbk Rudiantara.

Pada akhirnya, Presiden Joko Widodo menunjuk Rudiantara sebagai orang nomor satu Kemkominfo. Sejak dilantik pada 27 Oktober 2014, Rudiantara belum pernah terang-terangan menyatakan bakal merombak pejabat eselon satu di kementerian itu.

Advertisement

“Saya lihat dulu kinerja mereka,” katanya dalam satu kesempatan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif