News
Sabtu, 18 April 2015 - 12:15 WIB

SOLOPOS HARI INI : KPK vs Polri Mereda hingga Jokowi Jadi Tokoh Berpengaruh Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Halaman depan Harian Umum Solopos edisi Sabtu, 18 April 2015

Solopos hari ini memberitakan pendapat Badrodin Haiti tentang turbulensi Polri dan KPK yang mereda.

Solopos.com, SOLO — Badrodin Haiti resmi dilantik menjadi Kapolri. Menurut Barodin, polemik KPK vs Polri mulai reda. Kabar ini menjadi berita utama di Harian Umum Solopos hari ini, Sabtu (18/4/2015).

Advertisement

Menurut Badrodin, ada kepentingan politik yang membuat situasi anatar Polri dan KPK beberapa waktu lalu renggang. Ketegangan tersebut mulai surut seiring keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatalkan pelantikan Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Selain tentang pelantikan Kapolri Barodin Haiti, ada juga kabar soal penobatan Jokowi sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia versi majalah Time. Lalu, ada kabar seputar persiapan Konferensi Asia Afrika (KAA), yang akan berlangsung pada 19-24 April mendatang.

Inilah rangkuman berita utama Harian Umum Solopos edisi Sabtu, 18 April 2015:

Advertisement

KAPOLRI BARU: Turbulensi Polri & KPK Reda
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal Pol. Badrodin Haiti sebagai Kapolri di Istana Negara, Jumat (17/4/2015). Badrodin memastikan pergolakan antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri mereda.

”Turbulensi itu sudah mereda,” katanya di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Jumat (17/4/2015).

Badrodin mengatakan turbulensi yang dimaksud yaitu situasi antara Polri dengan KPK yang sempat memanas. Akibatnya, Badrodin melihat ada berbagai persoalan yang muncul dari turbulensi tersebut.

”Ada politik nimbrung tekanan masyarakat sehingga menjadi kompleks persoalannya,” kata mantan Kapolda Sulawesi Tengah itu.

Advertisement

Sebelumnya, hubungan KPK dengan Polri sempat memanas setelah penetapan tersangka calon Kapolri kala itu Komjen Pol. Budi Gunawan. Tak lama kemudian Bareskrim menangkap komisioner KPK Bambang Wijdojanto dan memerkarakan pimpinan KPK yang lain. Namun, situasi berangsur mereda setelah Presiden membatalkan pelantikan Budi Gunawan dan menonaktifkan pimpinan KPK Abraham Samad serta Bambang Widjojanto.

Namun, Badrodin menyatakan tetap melanjutkan pengusutan kasus Bambang Widjojanto dan Abraham Samad yang ditangani Bareskrim. BW menjadi tersangka kasus pengarahan pemberian keterangan palsu dalam sidang Mahkamah Konstitusi pada 2010. Sedangkan Samad dijerat dengan kasus pemalsuan dokumen pada 2007. Badrodin mengatakan tidak ada alasan bagi Polri untuk menghentikan penyidikan Samad dan BW.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

[Baca juga: Ups! Salah Ngomong, Badrodin Sebut Budi GunawanBaru Dilantik, Badrodin Haiti Dicurhati Artis, Badrodin Haiti Cuma 15 Bulan Jadi KapolriPanglima Berharap TNI dan Polri Kian BersinergiPengikut Lia Eden Beri Surat Peringatan Tuhan kepada Badrodin HaitiKPK Minta Badrodin Haiti Bekerja Sama dengan KPK]

Advertisement

LAUNCHING PERSIS: Jersey Pertama Laku Rp7,5 Juta
Tim sepak bola Persis Solo resmi diluncurkan di Balai Kota Solo, Jumat (17/4/2015). Peluncuran Persis juga ditandai dengan lelang jersey pertama Laskar Sambernyawa. Berikut laporan wartawan Solopos, Tri Indriawati.

Sorakan serta tepuk tangan para suporter riuh terdengar saat empat model cantik berjalan di panggung dan memamerkan jersey Persis Solo musim ini. Dua orang model mengenakan jersey kandang bernuansa merah, sedangkan dua model lainnya memakai seragam tandang berwarna putih dengan corak garis-garis oranye.

Tak lama berselang, Grand Launching Jersey and Team Persis Solo pun mencapai puncaknya. Sorakan suporter semakin riuh saat satu persatu pemain beserta tim pelatih skuat berjuluk Laskar Sambernyawa itu secara resmi diperkenalkan ke publik. Para pemain pun tak kalah antusias. Dengan bangga, mereka mengecup logo Persis yang tersemat di bagian dada sebelah kiri jersey sembari berjalan mengitari panggung di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Jumat (17/4/2015).

“Mau jersey kebanggaan ini? Ayo beli yang asli, jangan yang KW [palsu]. Kami akan melelang jersey Persis seri pertama musim ini, kodenya 001,” seru MC.

Advertisement

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

[Baca juga: Jersey Pertama Laku Rp7,5 Juta]

PERINGATAN KAA: 42 Mercy Pinjaman untuk Tamu Negara
Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika dan Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) akan dimulai, Minggu-Jumat (19-24/4/2015). Sebanyak 42 mobil mewah Mercedes-Benz (Mercy) E-400 AMG akan digunakan pemimpin negara peserta KAA.

PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) dipercaya untuk menjadi partner. Kini, 42 mobil mewah ini sudah terparkir di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (17/4/2015). Total 42 mobil Mercedes-Benz E-400 AMG yang terparkir di halaman parkir JCC sebagai alat transportasi untuk kepala negara yang akan menghadiri KAA 2015 di Jakarta dan Bandung.

Saat ini mobil-mobil berwarna hitam itu belum terpasang pelat nomor. Mobil baru ini keluaran dari pabrik Mercy di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Untuk menjaga kualitas mesin dan kebersihan, tim MBI rutin membersihkan, mengisi bahan bakar dan memanaskan mobil seharga Rp1,269 miliar ini.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

Advertisement

[Baca juga: Ini Dia Mobil-Mobil Peringatan KAAPameran Filateli Ramaikan Peringatan KAAIndonesia Minta Bantuan Palestina untuk Deklarasi Kemerdekaan]

TOKOH DUNIA: Jokowi Masuk 100 Tokoh Berpengaruh di Dunia
Majalah ternama dunia Time merilis daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia untuk 2015. Menempati urutan atas ialah rapper kontroversial asal Amerika Serikat, Kanye West, yang kemudian diikuti oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Barack

Obama, dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia versi Time. Menariknya, daftar 100 orang paling berpengaruh ini tidak disusun berdasarkan peringkat, melainkan disusun berdasarkan kelompok yang terbagi dalam lima kategori yakni, Titans, Pioneers, Artists, Leaders dan Icons.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif