News
Jumat, 17 April 2015 - 17:10 WIB

UN 2015 : Soal Bocor, Wapres Instruksikan Ujian Ulang

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jusuf Kalla (JIBI/Solopos/Istimewa/Dok)

UN 2015 dikotori oleh oknum tak bertanggung jawab. Sebanyak 30 paket soal UN bocor di Internet.

Solopos.com, JAKARTA – Terkait bocornya 30 paket soal UN di Internet, Wakil Presiden Jusuf Kalla menginstruksikan pelaksanaan Ujian Nasional pada sekolah yang terbukti mendapatkan bocoran soal.

Advertisement

“Itu kejahatan. Saya instruksikan untuk meneliti sejauh mana dampak kejahatan yang dibuat oleh seorang pegawai percetakan itu. Karena itu, paling tinggi di beberapa daerah, maka di daerah itu sekolahnya yang kena harus diuji lagi,” katanya di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Lebih lanjut Jusuf Kalla mengatakan tidak semua paket soal akan diujikan ulang di sekolah, melainkan hanya 30 paket soal yang akan diulang ujiannya. “Tidak semua diulang, ini kan 10.000 soal, yang dimasukkan (diunggah ke Internet) atau bocor itu cuma 30, jadi sepersekian mil persen. Dampaknya juga tidak banyak dan tidak semua orang tahu itu ada di Google,” jelasnya.

Sebagaimana diberitakan Antara, Selasa (16/4/2015), wapres sudah memerintahkan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan untuk menelusuri lebih lanjut penyebab bocornya soal Ujian Nasional tersebut.

Advertisement

“Saya dijanjikan oleh Anies dalam dua hari ini dia bisa lacak di mana efeknya, karena ini bisa dilacak,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Anies mengakui ada kebocoran 30 paket soal Ujian Nasional terindeks di mesin pencari Internet Google. “Jumlah itu 0,25 persen dari total 11.730 buah paket soal yang dibuat oleh Kementerian,” kata Anies.

Dia mencurigai ada oknum yang dengan sengaja mengunggah paket soal UN itu ke Internet dalam format PDF. Anies mengatakan pihaknya telah menghubungi pihak Google Inc untuk menutup akses tersebut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif