Otomotif
Jumat, 17 April 2015 - 07:50 WIB

MODIFIKASI MOBIL : Wow, Kijang Ini Disulap Jadi Kereta Kencana

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kereta kencana bermesin Toyota Kijang 1990. (Metrotvnews.com)

Modifikasi mobil Toyota Kijang dapat disulap menjadi kereta kencana. Seluruh bodinya pun terbuat dari kayu jati.

Solopos.com, SLEMAN – Modifikasi mobil dengan aliran tak biasa dapat dijumpai di Sleman, DIY. Di sana, sebuah mobil Toyota Kijang 1990 disulap menjadi kereta kencana.

Advertisement

Wiyanta, seniman kayu asal Kalasan, Sleman, berhasil melakukan modifikasi mobil pada tubuh Toyota Kijang lansiran 1990. Untuk mengubahnya menjadi sebuah kereta kencana utuh, Wiyanta memerlukan waktu sekitar delapan bulan.

“Saya sehari-hari bikin kereta kencana. Tapi ada yang minta dibikinin mobil ala kereta kencana. Akhirnya saya buat,” ujar Wiyanta seperti dilansir laman Metrotvnews, Rabu (15/4/2015).

Kereta kencana bermesin Kijang itu memiliki warna biru dongker dengan aksen emas di berbagai titik. Seperti kereta kencana pada umumnya, seluruh bodi Kijang itu kini terbuat dari bahan kayu jati termasuk di bagian roda.

Advertisement

Dengan dua baris jok berdesain wajik, mobil yang telah berubah wujud itu dapat memuat empat penumpang.

Meski memiliki sejumlah karyawan di galerinya, Wiyanta mengaku mengerjakan kereta kencana bermesin Kijang itu sendirian. Hal itu dilakukan dengan alasan menghemat biaya serta memaksimalkan hasil akhir supaya susuai pemikirannya. Sedangkan untuk urusan mesin, ia dibantu oleh seorang montir.

“Saya enggak pakai karyawan. Selain lebih hemat, saya bisa lebih bebas membuat sesuai pemikiran saya. Paling hanya dibantu montir untuk masang mesin mobil,” tutur pria 52 tahun itu.

Advertisement

Untuk mengerjakan sebuah kereta kencana bermesin mobil, Wiyanta mematok harga mulai Rp150 juta. Namun harga tersebut dapat berubah tergantung bahan baku dan kerumitannya.

“Saya belajar bikin kereta kencana secara autodidak. Cuma lihat dan baca dari buku-buku. Saya berpatokan pada kereta kencana di Eropa. Tapi karya saya sudah tersebar di Indonesia. Sebagian besar ada di museum,” terang Wiyanta.

Kini mobil tersebut terparkir rapi di rumah salah seorang pengusaha di kawasan Prambanan. Andreas, penjaga rumah mengatakan mobil kereta kencana baru saja dipindahkan ke rumah tersebut pekan lalu. Namun ia tidak tahu apakah kereta kencana hasil modifikasi mobil itu legal digunakan di jalan raya atau tidak.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif