News
Jumat, 17 April 2015 - 16:55 WIB

HUKUMAN MATI : Eksekusi Mati Terpidana Bali Nine Setelah Peringatan KAA

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Myuran Sukumaran dan Andrew Chan, dua terpidana mati Bali Nine. (JIBI/Solopos/Antara)

Hukuman mati untuk sejumlah terpidana mati termasuk gembok narkoba Bali Nine akan dilaksanakan setelah acara peringatan 60 tahun KAA.

Solopos.com, JAKARTA – Kejaksaan Agung hingga kini belum memastikan jadwal eksekusi para gembong narkoba termasuk anggota Bali Nine Andrew Chan dan Myuran Sukumaran. Namun dipastikan eksekusi dilakukan setelah perhelatan internasional peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA).

Advertisement

Jaksa Agung Prasetyo mengatakan pihaknya harus berhati-hati dalam melaksanakan eksekusi dengan memperhatikan proses hukum yang dijalani terpidana. Setelah tidak ada persoalan proses hukum baru akan dilakukan eksekusi.

“Kita harus penuh kehati-hatian ya, tidak ada sisa masalah [hukum] lagi termasuk masalah lain kita kan menyiapkan perhelatan internasional KAA,” katanya di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (17/4/2015).

Eksekusi akan melalui proses pemberitahuan lebih dulu kepada negara yang bersangkutan untuk warga negara asing.

Advertisement

Undang Undang menyatakan paling tidak tiga hari sebelum eksekusi sudah diberitahukan tidak seperti yang terjadi di Arab Saudi ketika dua WNI dieksekusi tanpa pemberitahuan kepada Pemerintah RI.

Sebelumnya dua WNI Siti Zaenab dan Karni Binti Medi Tarsim dieksekusi oleh pemerintah Arab Saudi atas kasus tindak pidana pembunuhan dengan kasus yang berbeda. Pemerintah RI mengetahui keduanya menjalani eksekusi setelah menjadi almarhum.

Prasetyo menambahkan adanya dua kasus di Arab Saudi itu tidak berpengaruh terhadap eksekusi gembong narkoba di Indonesia.

Advertisement

“Hanya bedanya kita dengan mereka, ketika akan eksekusi, tiga hari sebelumnya kita sudah memberikan notifikasi kepada dubes masing-masing, mereka [Arab] tidak katanya,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif