Teknologi
Jumat, 17 April 2015 - 07:20 WIB

APLIKASI SMARTPHONE : SayTaxi, Aplikasi Android Pesan Taksi

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Manager Operasional Taxi 373737 Group Herry Jaka Dwikoranta menunjukkan aplikasi SayTaxi kepada Harian Jogja beberapa waktu lalu. (JIBI/Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)

Aplikasi Smarthphone SayTaxi memudahkan pengguna jasa memesan taksi.

Harianjogja.com, JOGJA– Kini pemesanan taksi tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pulsa untuk menelepon. Cukup dengan aplikasi SayTaxi di Ponsel Pintar OS Android, sekali pencet, taksi yang dipesan akan datang dalam beberapa menit.

Advertisement

Layanan aplikasi tersebut baru ada di Jogja. Di Indonesia, layanan ini juga diklaim yang pertama dijalankan untuk moda transportasi umum, khususnya taksi.

“Kami menyediakan sebanyak 200 unit taksi yang tergabung dalam Taxi 373737 Group yang terintegrasi dengan aplikasi ini. SayTaxi merupakan bagian dari layanan konsumen selain pemesanan lewat telpon,” ujar Manager Operasional Taxi 373737 Group Herry Jaka Dwikoranta kepada Harianjogja.com di kantornya, beberapa waktu lalu.

Cara kerja aplikasi tersebut sangat mudah. Konsumen tinggal mendownload via smartphone dengan sistem operasi Android. Jika ingin memesan taksi, konsumen tinggal memencet tombol yang tersedia. Dalam waktu 10 menit -paling lama- taksi yang dipesan akan datang.

Advertisement

“Konsumen tidak perlu menyebut lokasinya. Sebab, kami akan mengetahui lokasi pengguna melalui jaringan GPS,” jelas Herry.

Adapun taksi yang datang, sambungnya, merupakan taksi yang terdekat dengan posisi pelanggan. Dengan GPS pada aplikasi tersebut, pelanggan juga bisa memonitor sejauh mana lokasi taksi yang dipesan dengan jarak yang dituju.

“Bahkan, pelanggan juga menerima identitas taksi tersebut. Mulai nama supir, warna taksi, nomor taksi dan lokasi taksi yang dipesan,” tukasnya.

Advertisement

Jika taksi yang dipesan tidak sesuai dengan keinginan, maka pelanggan bisa membatalkan dengan cara menekan tombol cancel pada aplikasi SayTaxi.

“Misalnya, pelanggan mau taksi Alphard tapi yang terkoneksi taksi Avanza, itu bisa dicancel sesuai kebutuhan pelanggan. Konsumen juga bisa memilih tipe taksi lainnya sesuai keinginannya,” tambah Herry.

Direktur Utama Taxi 373737 Group KPH Endro Kusumo mengatakan, semua taksi yang dioperasionalkan terintegrasi dengan sistem komputer. Semua traking taksi mampu terecord. Langkah tersebut bertujuan untuk memberi pelayanan maksimal bagi para penumpang.

“Dengan sistem ini, kami bisa mengevaluasi kinerja para pengemudi. Tentu ada mekanisme punish dan reward berjalan karena kami bisa memantau lokasi seluruh taksi,” ucapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif