Jogja
Kamis, 16 April 2015 - 07:21 WIB

UN 2015 : Kertas Jawaban Mudah Terkelupas, Siswa Takut Tak Terbaca Komputer

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi, Petugas Menunjukkan Lembar Jawaban Komputer UN (JIBI/Harian Jogja/Antara)

UN 2015 untuk ujian tertulis, siswa mengeluh kertas jawaban yang mudah terkelupas

Harianjogja.com, KULONPROGO  – Tiga hari pelaksanaan ujian nasional, sekolah dan siswa mengeluhkan lembar jawaban yang mudah rusak dan mengelupas. Siswa mengkhawatirkan lembar jawaban  ujian yang dikerjakan tidak terbaca komputer.

Advertisement

“Kendalanya, cuma kertas jawaban. Waktu mau menghapus jawaban yang salah, kertasnya malah mengelupas. Padahal, saya coba menghapusnya pelan-pelan denga karet penghapus. Tapi kata guru, tidak apa-apa, cuma saya khawatir kalau nanti saat penilaian lembar jawaban tidak terbaca,” ujar Clevaria sisiwi kelas XII Aksel SMA Negeri 1 Wates, Rabu (15/4/2015).

Hal itu juga diungkapkan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Negeri 1 Wates Sugeng. Dia mengungkapkan, persoalan muncul sejak hari pertama pelaksanaan ujian nasional.

Awalnya, ada salah satu siswa yang mengaku kertas jawaban mengelupas akibat karet penghapus.

Advertisement

“Saat itu, siswa kami hendak mengganti jawaban, tapi kemudian kertas terkelupas. Kami sudah menindak lanjuti, dari UNY juga meminta kami datang untuk mendiskusikan hal itu,” ungkap Sugeng.

Menurut Sugeng, saat itu lembar jawaban baru juga sudah disiapkan. Namun, karena waktu ujian tinggal 30 menit, maka terpaksa tidak ada penggantian kertas ujian. Sugeng mengungkapkan, berdasarkan evaluasi yang dilakukan setiap akhir ujian, ternyata kasus tersebut juga ditemukan pada beberapa siswa.

“Ternyata siswa di kelas lainnya juga mengeluhkan hal yang sama. Padahal tahun-tahun sebelumnya tidak pernah ada keluhan semacam ini. Namun, sementara ini tidak menjadi masalah. Kami juga mengimbau ke siswa agar mencermati soal dan jawaban yang akan diisikan, jadi bisa meminimalisir kesalahan saat menjawab,” tandas Sugeng.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif