News
Kamis, 16 April 2015 - 17:15 WIB

UJIAN NASIONAL 2015 : 3 SMA di Solo Lanjutkan UN CBT Pekan Depan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peserta UN 2015 di SMKN 2 Solo mengerjakan soal ujian dengan sistem ujian berbasis komputer di sekolah setempat, Senin (13/4/2015). (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

Ujian nasional 2015 dilaksanakan dengan dua metode yakni berbasis kertas dan berbasis komputer.

Solopos.com, SOLO – Pelaksanaan ujian nasional (UN) berbasis kertas atau paper based test (PBT) untuk jenjang SMA/MA selesai Rabu (15/4/2015). UN untuk SMK baik pelaksana UN computer based test (CBT) dan UN PBT juga telah selesai Kamis (16/4/2015).

Advertisement

Sementara, tiga SMA di Kota Solo yang melaksanakan UN CBT akan kembali mengunduh naskah soal UN dari server pusat dan melakukan tahap sinkronisasi selama dua hari, Jumat-Sabtu (18-18/4/2015).

Unduh soal tersebut untuk mata pelajaran Fisika/Ekonomi/Bahasa Asing yang akan diujikan kepada peserta Senin (20/4/2015), dan Bahasa Inggris yang akan diujikan Selasa (21/4/2015).

Selama dua hari pengunduhan soal di tiga SMA pelaksana UN CBT tersebut di masing-masing sekolah, para peserta UN diliburkan.

Advertisement

Ketua Panitia UN 2015 Kota Solo, Aryo Widyandoko, mengemukakan, pengunduhan naskah soal UN untuk SMA kali ini juga dilakukan sekaligus untuk pelaksanaan dua hari ujian pekan depan.

“Prosesnya tentu seperti yang sebelumnya. Saya lihat sekolah-sekolah itu juga sudah siap untuk proses unduh besok [hari ini],” kata Aryo ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis.

Terkait pelaksanaan secara umum, Aryo menilai baik UN CBT maupun UN PBT berjalan dengan baik dan lancar. Dia mengakui ada kendala-kendala bersifat teknis yang sempat ditemui saat pelaksanaannya, namun sudah bisa diatasi dengan baik.

Advertisement

Terhadap rencana DPRD Kota Solo yang akan membantu beberapa sekolah dalam pengadaan komputer untuk pelaksanaan UN CBT tahun depan, Aryo menyambut positif hal itu. Pihaknya siap memfasilitasi dengan pendataan sekolah-sekolah tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif