Otomotif
Kamis, 16 April 2015 - 16:45 WIB

SEPEDA MOTOR TERBARU : Motor Rp9 jutaan Yamaha Saluto Siap Mengaspal di India

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Desain Yamaha Saluto akan mirip dengan Yamaha YBR125 . (Rushlane.com)

Sepeda motor terbaru Yamaha Saluto meluncur pekan ini. Banderolnya berada di angka Rp9 jutaan.

Solopos.com, CHENNAI – Produsen motor asal Jepang, Yamaha, akan meluncurkan Yamaha Saluto. Sepeda motor terbaru yang hanya dipasarkan di India itu dibanderol seharga Rp9 jutaan.

Advertisement

Seperti dilansir laman Rushlane, Rabu (15/4/2015), Yamaha India akan memiliki produk baru di kelas mesin 125 cc bernama Yamaha Saluto. Peluncuran sepeda motor transmisi manual itu dikonfirmasi akan dilakukan Jumat (17/4/2015) mendatang.

Berdasarkan gambar yang beredar di forum otomotif India, Yamaha Saluto merupakan sepeda motor entry-level yang hadir polos sederhana tanpa fairing. Dari foto itu tampak lampu depan Saluto mirip denga Yamaha Scorpio Z. Nantinya, motor itu akan ditugaskan mendampingi YBR125 yang penjualannya kurang laris.

Mengintip jantung pacunya, Saluto dibekali mesin 123 cc. Yamaha mengklaim mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga sebesar 10,8 hp pada 7.500 rpm dan torsi 10,4 Nm pada 6.500 rpm. Mesin itu kemudian dipadukan dengan transmisi manual empat percepatan.

Advertisement

Sumber terpercaya dari Yamaha India menyebutkan sepeda motor terbaru Yamaha Saluto dibanderol 48.000 rupee atau setara Rp9,9 juta. Jika dibandingkan dengan produk Yamaha yang sudah ada, motor itu terbilang murah karena dirancang untuk memaksimalkan fungsionalitas.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, sepeda motor yang lebih murah juga sempat dibuat Yamaha India dengan nama Indra. Berbekal mesin 110 cc, motor murah Yamaha itu dijual seharga US$500 atau setara Rp6 jutaan. Sayangnya, hingga kini sepeda motor itu masih berstatus sebagai konsep dan belum diproduksi dalam jumlah banyak.

Diketahui, Yamaha India saat ini memang tengah fokus dalam menjaring pelanggan dalam jumlah banyak. Meski merupakan pemain besar di Asia, pamor Yamaha masih kalah dengan Honda dan sejumlah merek asli India seperti Bajaj, TVS dan Hero.

Advertisement

Dengan penjualan bulanan yang terus berkembang, Yamaha India ingin melanjutkan kenaikan yang stabil mesti lambat. Dengan meluncurnya sepeda motor terbaru Yamaha Saluto yang dibanderol relatif murah, diharapkan jumlah penjualan produk Yamaha di Tanah Hindustan itu dapat terdongkrak.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif