News
Kamis, 16 April 2015 - 19:45 WIB

PENEMUAN BARU : Harta Karun Senilai Rp641Miliar Ditemukan Terkubur di Laut

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koin perak dari Kapal SS City Cargo (Bussines Insider)

Penemuan harta karun bernilai Rp641 miliar ditemukan oleh tim pemburu harta karun di kedalaman laut Inggris

Solopos.com, SOLO – Pemburu harta karun Inggris menemukan 100 ton koin perak milik Departemen Keuangan di kedalaman laut. Koin tersebut jatuh saat Kapal SS City Cargo yang mengangkutnya tenggelam diserang kapal selam Jerman November 1942 lalu.

Advertisement

Koin-koin tersebut diangkut dari kedalaman 5.150 meter. Tak main-main koin perak tersebut diperkirakan memiliki nilai ekonomi yang cukup fantastis mencapai US$50 juta atau setara Rp641 miliar. Tim pencari yang dipimpin oleh Deep Ocean Search telah memulai pencarian di sekitar kapal karam tersebut pada November 2011 lalu. Baru di tahun 2013 koin perak tersebut ditemukan di bawah kontrak terhadap Kementerian Transportasi Inggris.

Sebagaimana dilansir Bussines Insider, Rabu (15/4/2015), Kapal SS City Cargo saat itu diketahui tengah berlayar dari Bombay menuju Inggris. Kapal tersebut diserang oleh kapal selam Jerman U-68 dan menyebabkan sedikitnya 104 orang tewas. Faktor cuaca dan kedalaman laut menjadi kendala utama pencarian kapal tersebut. Setelah ditemukan, kapal tersebut sudah hancur di dasar laut dan terbelah menjadi dua bagian.

“Banyak item yang terlihat di sekitar bangkai kapal termasuk bagian akhir, di mana baling-baling berputar jelas. Kargo perak ini adalah satu-satunya item yang ditemukan dari bangkai kapal,” ujar salah satu tim peneliti.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif