News
Kamis, 16 April 2015 - 16:55 WIB

KONFERENSI ASIA AFRIKA : 34 Kepala Negara akan Hadiri Peringatan KAA, Ini Agendanya

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah bendera negara peserta peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) terpasang di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (14/4/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Muhammad Adimaja)

Konferensi Asia Afrika akan diperingati di Jakarta dan Bandung mulai 19 April 2015. 34 Kepala negara akan menghadiri acara itu.

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak 34 kepala negara atau kepala pemerintahan dan 77 negara telah memberikan konfirmasi untuk menghadiri acara pertemuan dan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA).

Advertisement

“Jumlah konfirmasi meningkat per tanggal 16 April [2015]. Jumlah negara yang konfirmasi ada 77 negara dan kepala negara atau pemerintahan yang hadir 34, di antaranya enam wakil kepala negara,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Menurut Arrmanatha, konfirmasi kehadiran dari negara-negara Asia dan Afrika akan terus meningkat menjelang hari penyelenggaraan KAA.

Advertisement

Menurut Arrmanatha, konfirmasi kehadiran dari negara-negara Asia dan Afrika akan terus meningkat menjelang hari penyelenggaraan KAA.

Adapun kepala negara atau kepala pemerintahan yang telah mengonfirmasi akan hadir, antara lain dari negara Brunei Darussalam, Jordania, Swaziland, Tiongkok, Korea Utara, Iran, Madagaskar, Malawi, Myanmar, Namibia, Afrika Selatan, Sudan, Timor Leste, Vietnam, Zimbabwe, Bangladesh, Kamboja, Mesir, Gabon, Malaysia, Nepal, Pakistan, Palestina, Singapura, Thailand.

Sementara enam wakil kepala negara atau wakil kepala pemerintahan yang telah mengonfirmasi untuk menghadiri Peringatan KAA ke-60 adalah Aljazair, Angola, Liberia, Filipina, Seychelles, Zambia.

Advertisement

“Jadi, jumlah delegasi yang akan hadir di KAA itu ada 1.800. Media yang sudah registrasi ada 1.300. Sementara jumlah pengusaha yang akan hadir dalam Asia-Africa Business Summit adalah 480 orang,” ungkap dia.

Jubir Kemlu itu memperkirakan total peserta KAA, di luar delegasi Indonesia, adalah sekitar 3.600 orang.

“Jadi, Jakarta pada 19 sampai 23 April akan kedatangan tamu sekitar 3.600-an. Dan biasanya pada saat terakhir akan bertambah terus,” kata Arrmanatha.

Advertisement

Adapun urutan rangkaian acara pertemuan KAA dan Peringatan 60 tahun KAA yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Bandung adalah sebagai berikut.

– Pada 19 April akan diadakan Pertemuan pejabat tingkat tinggi (Senior Official Meeting) kawasan Asia-Afrika. Kemudian, pada 20 April akan ada Pertemuan Tingkat Menteri.

– Tanggal 21-22 April, akan diselenggarakan Pertemuan Puncak Bisnis Kawasan Asia-Afrika (Asia-Africa Business Summit).

Advertisement

– Pada 22 April, pelaksanaan KTT hari pertama. Pada 23 April pelaksanaan KTT hari kedua, dan direncanakan akan ada jamuan makan malam oleh Presiden RI Joko Widodo untuk para kepala negara.

– Sedangkan 24 April, hari terakhir rangkaian pelaksanaan KAA, akan dilakukan Historical Walk (napak tilas) KAA oleh para kepala negara di Bandung.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif