News
Kamis, 16 April 2015 - 23:30 WIB

KAPOLRI BARU : Ketua DPR: Secara De Facto, Badrodin Haiti Sudah Jadi Kapolri

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon Kapolri Komjen Polisi Badrodin Haiti melambaikan tangan bersama kegislator Komisi III DPR seusai fit and proper test. (JIBI.Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Kapolri baru segera dijabat Komjen Pol. Badrodin Haiti.

Solopos.com, JAKARTA — DPR segera mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah pengangkatan Komjen Pol Badrodin Haiti disahkan dalam sidang paripurna, Kamis (16/4/2015).

Advertisement

Ketua DPR Setya Novanto mengatakan setelah disetujui paripurna, surat persetujuan pengangkatan Badrodin Haiti akan segera dikirim ke Presiden Jokowi. “Surat sudah disampaikan ke Jokowi, hari ini juga,” kata Setta Novanto setelah sidang paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.

Dengan demikian, Presiden Jokowi sudah bisa melantik Badrodin Haiti sejak menerima surat balasan dari DPR tentang persetujuan pengangkatan kapolri. Selain itu, secara pribadi Setya Novanto juga sudah menghubungi Sekretariat Negara (Setneg) agar pengangkatan segera ditindaklanjuti.

“Kapolri ini masalah yang ditunggu-tunggu masyarakat.”

Advertisement

Menurutnya, proses pencalonan Badrodin Haiti sebagai kapolri sudah melalui jalan panjang. Diketahui, Indonesia tidak memiliki kapolri definitif sekitar tiga bulan. “Persetujuan pengangkatan Badrodin sudah diputuskan. Jadi, secara de facto Badrodin Haiti sudah jadi Kapolri, tinggal secara de jure melalui pelantikan.”

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif