Teknologi
Kamis, 16 April 2015 - 18:45 WIB

GAME ANDROID : Inilah Jenis Game Paling Digemari Pengguna Android Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampilan Piou Piou

Game Android menjadi aplikasi paling banyak diunduh ketimbang aplikasi lainnya.

Solopos.com, SOLO – Indonesia menjadi negara paling banyak mengunduh aplikasi game ketimbang aplikasi lainnya. Hal itu terungkap berdasarkan Laporan Trend Penggunaan Smartphone Android di Indonesia pada Kuartal pertama 2015 yang dirilis Mobo Market, toko aplikasi khusus Android yang dikembangkan oleh Baidu.

Advertisement

“Game merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna, yakni sebanyak 45,61 persen,” kata Manajer Pemasaran Baidu Indonesia Iwan Setiawan dalam acara Echelon Indonesia 2015, di Jakarta, Rabu (16/4/2015).

Jenis game yang paling banyak diunduh adalah casual game atau game ringan, yakni sebanyak 29,92 persen. Sementara jenis game lainnya yang juga banyak diunduh adalah game ber-genre arcade (12,26 persen), balapan atau racing (11,81 persen), action (10,19 persen), dan olahraga (6,33 persen).

Selanjutnya, aplikasi-aplikasi sosial media dan fotografi menempati posisi kedua dan ketiga dengan jumlah unduh masing-masing sebesar 11,64 persen dan 10,20 persen.

Advertisement

Sementara itu, akhir pekan menjadi waktu yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengunduh aplikasi melalui toko aplikasi. Kebanyakan pengguna mengunduh aplikasi pada hari Sabtu (sebanyak 16,41 persen) dan hari Minggu (15,01 persen).

Melalui laporan tersebut, Managing Director Baidu Indonesia Bao Jianlei mengatakan bahwa MoboMarket ingin memberikan gambaran mengenai aktivitas dan kebiasaan pengguna smartphone di Indonesia.

“Kami merilis laporan mengenai trend penggunaan smartphone Android ini sejalan dengan komitmen kami untuk turut mengembangkan ekosistem mobile Internet di Indonesia,” ujar Bao sebagaimana diberitakan Antara, Rabu (15/4/2015).

Advertisement

Hingga akhir Maret 2015, Mobo Market telah diunduh sebanyak 10 juta kali dan memiliki lebih dari 3 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia. Hadir sebagai toko aplikasi alternatif, MoboMarket menawarkan 643.000 aplikasi bagi para pengguna Android di Tanah Air. Selama kuartal 1 tahun 2015, MoboMarket mencatat sebanyak 361 juta aplikasi telah diunduh oleh para penggunanya di Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif