News
Kamis, 16 April 2015 - 15:00 WIB

F-16 TERBAKAR : JK: Wajar Lah, Pesawat Juga Buatan Manusia

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat tempur (Dok/JIBI/Bisnis)

F-16 terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (16/4/2015) pagi. Hal itu tidak ditanggapi berlebihan oleh JK.

Solopos.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memaklumi salah satu pesawat tempur F-16 terbakar di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (16/4/2015) pagi.

Advertisement

Menurut Jusuf Kalla, pesawat tempur F-16 hibah dari Amerika Serikat itu hanya tergelincir, namun tidak sampai jatuh dan terbakar parah. Hal itu wajar mengingat pesawat merupakan buatan manusia yang tak sempurna, terlebih pesawat terhitung tidak baru.

“Ya namanya buatan manusia, kan kadang-kadang ada salah juga. Ini kan hibah, tidak semua sempurna,” ujarnya di Kantor Wakil Presiden Jl. Merdeka Utara, Kamis (16/4/2015).

Kendati demikian, dia meminta pihak terkait untuk melakukan penyelidikan lebih dalam atas peristiwa kerusakan mesin pesawat itu. Dia juga mengimbau TNI untuk memeriksa keadaan mesin pesawat secara berkala serta memperbaiki dan mengganti bagian mesin jika mengalami kerusakan.

Advertisement

Kamis pagi (16/4/2015) sekitar pukul 08.20 WIB, pesawat F-16 terbakar di runaway Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma. Pesawat terbakar saat melakukan take off dalam rangka misi fly pass pembaretan Presiden Joko Widodo di Mabes Cilangkap.

Pesawat bekas hasil hibah Amerika Serikat itu mengalami kebakaran di bagian mesin ketika akan terbang. Pesawat buatan Negeri Paman Sam itu dibuat sekitar di era 1980-an atau berusia sekitar seperempat abad.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif