News
Kamis, 16 April 2015 - 08:39 WIB

40 Mahasiswa DIY Dikirim Jadi Pendamping IT di 8 Provinsi

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/dok)

Sebanyak 40 mahasiswa DIY dikirim jadi pendamping IT di 8 Provinsi
Harianjogja.com, JOGJA – Sebanyak 40 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jogja menjadi angkatan pertama dikirim Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK) sebagai tim pendamping tenaga information technology (IT) desa ke delapan kabupaten di Indonesia melalui program pemerintah Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKA).

Ketua tim pendamping, Irya Wisnubhadra, mengatakan, 40 mahasiswa terdiri dari mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Janabadra Yogyakarta, Universitas Teknologi Yogyakarta, dan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Advertisement

“Tim terdiri dari beberapa kampus. Khusus UAJY, tercatat ada 21 tenaga pendamping yang diterjunkan merupakan mahasiswa Prodi Teknik Informatika,” katanya, Rabu (15/4/2015).

Menurutnya, mahasiswa lintas kampus angkatan pertama dikirim (BP2DK) sebagai tenaga IT selanjutnya akan bertugas selama sebulan ke desa di delapan Kabupaten meliputi Belitung Timur Babel, Tasikmalaya Jabar, Pemalang Jateng, Kulonprogo DIY, Gianyar Bali, Pangkajene dan Kepulauan Sulsel, Boalemo Gorontalo, dan Raja Ampat Papua Barat.

Seperti diketahui, SIDeKa merupakan Sistem Informasi Desa dan Kawasan merupakan upaya bersama BP2DK dengan Universitas Atmajaya Yogyakarta, Universitas Janabadra Yogyakarta, dan Institut Teknologi Bandung.

Advertisement

SIDeKa merupakan program pembangun Indonesia dari pedesaan. Pemerintah memiliki orientasi memastikan keterhubungan antar desa dan kawasan hingga tingkat nasional melalui sistem informasi desa dan kawasan.

Program tersebut dilengkapi dengan Panduan Pelaksanaan SIDeKa di desa-desa di seluruh Indonesia. Di dalamnya tertera data desa dan kawasan, antara lain peta desa, data potensi desa, transaksi kependudukan dan data-data yang berkaitan dengan bantuan pemerintah raskin, Jamkesmas, dan lainnya.

Irya Wisnubhadra menambahkan pendamping dari kalangan mahasiswa ini selanjutnya akan berada di desa sebagai tenaga IT. Tugasnya, bekerjasama dengan relawan Menkominfo memandu dan menggerakkan masyarakat desa, mendampingi dan mengimplementasi SIDeKa.

Advertisement

Ia menambahkan, pemberangkatan tim SIDeKA berlangsung Senin (13/4/2015) lalu dan dilepas langsung Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, di Kementerian Kominfo, Jakarta.

Pelepasan dihadiri Wakil Rektor I Universitas Atma Jaya Yogyakarta Pramana Yuda, Wakil Rektor IV Universitas Janabadra Yogyakarta Cungki Kusharjito, dan Kepala Unit Sumberdaya Informasi ITB Basuki Suhardiman, Ketua Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa dan Kawasan (BP2DK), Semuel A.

Pangerapan, dan Anggota Komisi II DPR-RI, Budiman Sujatmiko.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif