News
Rabu, 15 April 2015 - 16:20 WIB

PENJUALAN MOBIL : Datsun Bakal Buka Diler di Bantul

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengunjung menanyakan keunggulan mobil Datsun Go Panca yang dipamerkan di Atrium Solo Square, Solo, Jawa Tengah, Senin (1/9/2014). Pameran Datsun Go Panca dari segmen low cost green car (LCGC) kedua yang diluncurkan Datsun Indonesia itu sekaligus diharapkan mampu mendongkrak penjualan Datsun Go+ Panca yang sudah lebih dahulu ditawarkan ke hadapan publik, Juli 2014 lalu. (Ardiansyah Indra Kumala/JIBI/Solopos)

Penjualan mobil untuk Datsun didongkrak dengan membuka diler baru di Bantul.

Harianjogja.com, SLEMAN—Penjualan mobil Datsun baik Datsun GO dan Datsun GO+ di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk triwulan pertama 2015 lesu.

Advertisement

Key Account Head PT Wahana Sumber Baru Jogja, Ludovicus Giri Prakosa mengatakan, pada triwulan pertama 2015, pihaknya bisa menjual 150 unit mobil. Perbandingannya 60% Datsun GO+ dan 40% Datsun GO. Angka tersebut, jauh lebih sedikit dibandingkan penjualan pada 2014 (turun 50%).
“Pada 2014 untuk triwulan pertama, penjualan bisa mencapai 300 unit,” ungkap dia, Selasa (14/4/2015).

Menurutnya, penurunan penjualan di dunia otomotif dipengaruhi kondisi krisis yang sedang berjalan. Selain itu menguatnya nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah juga turut menjadi penyebab.

“Kondisi politik yang tidak stabil juga ikut andil,” katanya.

Advertisement

Untuk bertahan dalam kondisi seperti saat ini, lanjut dia, memaksimalkan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki. Meskipun jumlah sales marketing masih kalah jumlah dari pesaing, namun secara kualitas ia mengakui paling baik. Selain itu, berbagai promo diberikan misalnya dengan memberikan diskon hingga Rp1 juta untuk pemilik NIK 2015 bagi pembelian Datsun GO.

“Tahun ini, kami juga menambah unit diler di Bantul. Harapannya turut mendongkrak penjualan,” ungkap dia.

Pembangunan diler baru itu langsung berhadapan dengan pesaingnya yakni Toyota. Ia mengakui, penjualan Datsun masih tinggi di wilayah Jogja dan Sleman. Sementara, penjualan di Bantul masih perlu didongkrak. Pasalnya, di Bantul selama ini dikuasai Toyota.

Advertisement

“Untuk itu, kami sengaja membangun di depan Toyota agar masyarakat tahu ada produk lain. diler di Bantul melayani sales, service dan sparepart,” imbuh dia.

Untuk lebih mendongkrak penjualan, pada 18-19 April 2015 akan ada showroom event di Showroom Nissan Datsun Mlati, Sleman. Dalam event tersebut ia menargetkan bisa menjual 50 unit mobil. Ia juga menyediakan hadiah untuk pengunjung yang melakukan test drive dan pengunjung yang melakukan pemesanan.

Saat ini, peminat Datsun GO sudah mulai menyusul Datsun GO+. Datsun GO mulai mendapatkan tempat karena bentuknya yang atraktif. Datsun Go dipasarkan serharga Rp92 juta-Rp107 juta, sedangkan Datsun Go+ Rp92 juta-Rp110 juta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif