Jogja
Rabu, 15 April 2015 - 15:20 WIB

PEMKAB GUNUNGKIDUL : 4 Kapal SAR Ditarik, Ini Alasannya?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas tagana menurunkan kapal yang ditarik dari SAR Satlinmas Gunungkidul. Penarikan dilakukan karena bantuan tersebut tidak sesuai dengan program yang diajukan. Selasa (14/4/2015) (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

Pemkab Gunungkidul, bantuan kapal menjadi temuan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Sosial

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul menarik empat kapal search and rescue (SAR) di Sadeng dan Baron. Penarikan tersebut dilakukan karena kapal bantuan itu menjadi temuan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Sosial.

Advertisement

Penarikan kapal sudah dilakukan sejak Senin (13/4/2015). Rincian yang ditarik, dua kapal merupakan armada milik SAR Satlinmas Wilayah I Sadeng, dan dua lagi milik SAR Satlinmas Wilayah II Baron. Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Baron Marjono membenarkan adanya penarikan kapal-kapal tersebut. Penarikan dilakukan menggunakan mobil Tagana.

Akibat penarikan tersebut, operasional anggota SAR terdampak. Pasalnya selama ini kapal-kapal itu digunakan untuk mengamankan lokasi laut di kawasan pantai Baron.
Marjono pun tidak bisa berbuat apa-apa atas penarikan tersebut. Sebab, saat bantuan kapal itu diberikan, pihak SAR tidak pernah mengajukan bantuan, karena tahu-tahu diberikan dua kapal tersebut.

“Kami tidak pernah meminta dan hanya diberi. Jadi saat ditarik dengan terpaksa kami juga memberikan. Namun demikian, kami berharap ada solusi sehingga armada kami tidak ada kendala saat ada proses evakuasi kecelakaan laut,” ungkapnya, Selasa (14/4/2015)

Advertisement

Untuk diketahui, hingga berita ini diturunkan, relawan Tagana baru menarik tiga kapal. Sementara, sisa satu kapal di Pantai Wediombo (wilayah SAR Satlinmas II) akan ditarik hari ini (15/4/2015).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif